search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4 Lokasi Melukat di Bali yang Sering Tarik Perhatian Turis
Jumat, 3 Juni 2022, 20:15 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/4 Lokasi Melukat di Bali yang Sering Tarik Perhatian Turis

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menikmati liburan di Pulau Bali rasanya kurang lengkap jika belum melihat beragam upacara keagamaan yang dilaksanakan oleh penduduk setempat. Salah satu yang menarik ialah Melukat.

Melukat adalah tradisi membersihkan diri secara spiritual menurut agama Hindu. Air yang digunakan untuk Melukat harus lah suci dan dilakukan di tempat khusus alias tidak boleh sembarangan.

Lokasi Melukat wajib dilakukan di pura yang lokasinya tak jauh dari muara sungai sampai dengan mata air dalam pura.

Bagi Anda yang ingin mencoba ritual Melukat, berikut Suara.com rangkum 4 rekomendasi tempat wisata sekaligus Melukat di Bali dari berbagai sumber, Kamis (20/11/19).

1. Pura Dalem Pingit Sebatu

Berlokasi tak jauh dari sawah Cekingan, Anda bisa mengunjungi Pura Dalem Pingit Sebatu. Nuansanya yang begitu tenang, dijamin membuat Anda lebih khusyuk ketika sedang Melukat.

Wisatawan diperbolehkan untuk ikut Melukat dengan aturan tidak sedang dalam masa haid serta berpakaian sopan.

2. Pura Tirta Empul

Spot wisata berikut ini paling populer dan sering disambangi oleh wisatawan yang hendak Melukat. Berlokasi di sebelah Istana Kepresidenan Tampaksiring, Pura Tirta Empul memiliki 14 pancuran yang mengalirkan sumber mata air.

Dibuka untuk umum, banyak sekali warga lokal yang tertarik untuk melihat tradisi Melukat hingga mengikutinya.

3. Pura Taman Mumbul

Kendati tak sepopuler Pura Tirta Empul, buktinya Pura Taman Mumbul ini juga tak kalah menarik untuk disambangi. Uniknya lagi, di dalam pura terdapat kolam ikan besar dengan pepohonan hijau nan asri mengelilingi area spot wisata.

Pura Taman Mumbul ini memiliki 11 buah pancuran yang dapat digunakan oleh warga lokal dan juga wisatawan untuk melakukan tradisi Melukat.

4. Pura Campuhan Windhu

Tak jauh dari bekas bangunan Taman Festival Bali, juga terdapat Pura Campuhan Windhu. Karena lokasinya yang begitu strategis, tak heran jika Pura Campuhan Windhu ini sering disambangi turis.

Objek wisata religi ini juga biasa digunakan untuk beberapa orang dan juga wisatawan melakukan tradisi Melukat.

Pura Campuhan Windhu menyuguhkan panorama langsung mengarah ke samudera. Air percampuran sungai dan laut inilah yang menjadi sarana tradisi Melukat di Pura Campuhan Windhu.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami