search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tangani Cacar Monyet, Tabanan Siapkan Ruang Isolasi
Rabu, 24 Agustus 2022, 11:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tangani Cacar Monyet, Tabanan Siapkan Ruang Isolasi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Setelah pemerintah Indonesia mengumumkan kasus cacar monyet pertama pada Sabtu, (20/8) daerah mulai pasang ancang-ancang untuk menangani wabah global ini. Dinas Kesehatan Tabanan bahkan sudah menyiapkan tempat isolasi

“Penanganannya hampir sama dengan penyakit airbone lainnya. Tempat isolasi di rumah sakit yang sudah tersedia,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Nyoman Susila, Senin, (22/8).

Susila menyebutkan, penanganan cacar monyet prinsip ruang isolasinya sma dengan kasus Covid-19. Namun, untuk penangannya berbeda. Selain itu, Dinas Kesehatan Tabanan menginstuksikan fasilitas kesehatan agar melakukan pantauan serius. 

“Jika ditemukan gejala agar segera mengambil tindakan,” katanya. 

Susila menyebutkan, Kementerian Kesehatan sudah memiliki pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit cacar monyet. Misalkan seperti respon terhadap kasus seperti karantina/isolasi, pemeriksaan spesimen, notifikasi, penyelidikan epidemiologi dan pelacakan, komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat serta pemulasaraan jenazah.

Apabila menemukan kasus suspek/probable/konfirmasi maka segera dilakukan isolasi, tatalaksana klinis, pemeriksaan specimen, penyelidikan epidemiologi dan pelacakan, serta komunikasi risiko. 

“Rujukan dan isolasi mempertimbangkan kapasitas dan kondisi klinis pasien. isolasi bisa dilakukan secara mandiri, terpusat maupun di rumah sakit,” ujar Susila. 

Pada kasus suspek dan probable, selesai isolasi bila kasus dinyatakan sebagai discarded. Pada kasus Konfirmasi isolasi selesai bila dinyatakan sembuh. Pada kasus yang meninggal dilakukan pemulasaraan jenazah.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami