search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BLT BBM & BSU Sudah Cair Rp8,25 Triliun
Rabu, 14 September 2022, 14:22 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/BLT BBM & BSU Sudah Cair Rp8,25 Triliun

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pemerintah memastikan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan subsidi upah (BSU) telah disalurkan dan diterima oleh kelompok masyarakat rentan dan miskin.

Keputusan pemerintah menambah bansos sebagai kompensasi dari kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat menjadi bantalan masyarakat di tengah kenaikan harga bensin subsidi yang dikhawatirkan ikut mengerek harga barang dan jasa lainnya.

BLT BBM rencananya akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat sebesar Rp150 ribu per bulan dan diberikan sebanyak 4 kali. Penyaluran akan diberikan dengan skema 2 tahap, di mana masing-masing penerima akan mendapatkan dana sebesar Rp300 ribu.

Sementara itu, BSU alias BLT subsidi gaji akan diberikan kepada 14,6 juta pekerja yang berpenghasilan maksimal Rp3,5 juta. Adapun bantuan yang diberikan melalui Kementerian Ketenagakerjaan ini sebesar Rp600 ribu.

Lantas, sudah berapa dana yang disalurkan bagi penerima BLT BBM dan subsidi gaji?

Berdasarkan data Kementerian Keuangan yang dipaparkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam akun Instragram resminya, pemerintah sudah menyalurkan dana bantuan hingga hampir Rp10 triliun.

"Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringankan serta melindungi masyarakat rentan dan miskin dari tekanan gejolak kenaikan harga global sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun," kata Sri Mulyani, dikutip Rabu (14/9/2022).

Berikut Rincian Data Penyaluran BLT BBM & Subsidi Gaji

1. BLT BBM sudah disalurkan kepada 18.776.287 keluarga penerima manfaat sebesar Rp5,63 triliun, berdasarkan data realisasi hingga 13 September 2022.

2. Bantuan Subsidi Upah sudah disalurkan kepada 4.361.792 pekerja sebesar Rp2,62 triliun, berdasarkan data realisasi hingga 12 September 2022.

(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami