search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Benarkah Mental Gen Z Lebih Lemah?
Selasa, 11 Oktober 2022, 12:43 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Benarkah Mental Gen Z Lebih Lemah?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Generasi Z atau sebagai gen Z (lahir antara 1996-2012) disebut punya mental gen Z lemah. Ada banyak orang, khususnya generasi sebelumnya memberi cap dan stereotipe mental sensitif dan tak sekuat generasi sebelumnya.

Benarkah mental gen Z lebih lemah?

Aktivis HAM dan penggiat inklusi Bahrul Fuad, mengungkapkan bahwa hal itu hanyalah stigma. Dia mengungkapkan cap ini terjadi lantaran perhatian dan kesadaran soal kesehatan mental di masa lalu belum seperti sekarang. Saat ini, gen Z dianggap lebih sadar soal kesehatan mental sehingga 'dikit-dikit alasan kesehatan mental.'

"Zaman saya, pendekatannya ke dukun, sekarang ke profesional. Kalau lihat data, orang dewasa yang dipasung di daerah pedesaan juga masih banyak. Artinya, kesehatan mental jadi persoalan sejak dulu," ungkap Bahrul dikutip dari Antara.

Berbeda pendapat, Presiden Asosiasi Pencegahan Bunuh Diri Indonesia (INASP) Sandersan Onie mengungkapkan bahwa mental gen Z saat ini memang lebih rentan depresi.

Berbagai tantangan dan persaingan yang jauh lebih berat dianggap jadi penyebab utama mental gen z yang disebut lemah Ini.

Selain itu, media sosial yang membuat mereka jadi sibuk membandingkan diri sendiri dengan persona sempurna yang diunggah di dunia maya.

"Anak saat bertumbuh tidak cuma dibandingkan dengan kakak, adik atau teman, tapi di media sosial dibandingkan dengan anak dari seluruh dunia," katanya.

Meski demikian, mental gen Z dianggap lebih berani mengakui kerapuhan dirinya karena mereka terpapar informasi mengenai kesehatan mental. Hal ini, katanya, patut diapresiasi lantaran butuh keberanian untuk mengakuinya.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami