search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mahfud Md di Forum R20: Jangan Melakukan Politik Identitas
Rabu, 2 November 2022, 19:01 WITA Follow
image

bbn/liputan6.com/Mahfud Md di Forum R20: Jangan Melakukan Politik Identitas.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengingatkan agar agama tidak dijadikan politik identitas sebagai alat menghegemoni, menguasai dan mendiskriminasi. 

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri pembukaan Religion Twenty (R20), sebuah forum yang menghadirkan pemuka agama dan tokoh antarsekte dari seluruh dunia sebagai rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Mahfud melihat, kehidupan beragama di Indonesia masih bersifat inklusif. Namun dia mewanti agar hal itu tidak menjadi identitas politik yang dapat merusak rasa persatuan.

"Jangan melakukan politik identitas, itu berbahaya bagi kesatuan kita sebagai bangsa, bahkan kemanusiaan," wanti dia,  di sela-sela acara R20 di Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Rabu (2/11/2022).

Mahfud yakin, jika politik identitas masih digunakan sebagai alat untuk menghegemoni, menguasai dan mendiskriminasi maka semangat persatuan yang menyatukan akan jauh dari kata sepakat.

"Jadi (meski) setiap organisasi politik punya identitas sendiri, tapi tetap inklusif dan tidak lakukan politik identitas," tandas Mahfud.

Menurut dia, forum R20 ini dapat menyampaikan pesan tentang inti dari persatuan dalam arti kemanusiaan yang berada dalam lingkar agama dan perbedaan keyakinan.

"Apapun agamanya seperti apapun rasnya, di manapun tempatnya, manusia itu harus bersaudara membangun kemajuan bersama," kata Mahfud.

Mahfud mengaku bersyukur, Indonesia memiliki organisasi masyarakat Islam terbesar di dunia, yakni Nahdlatul ulama (NU). Sebab, melalui inisiatif Pengurus Besar NU ini, lahirlah R20 yang menjadi ajang perdana dalam rangkaian KTT G20.

"Itu lah sebabnya sejak awal pemerintah ikut bersemangat mendukung acara ini, pemerintah akan usul forum ini jadi official engagement event G20 berikutnya," kata Mahfud. (sumber: liputan6.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami