search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Kuburan di Lombok Timur Dirusak, Sekdes Sebut Warga Tak Mempersoalkan
Senin, 12 Desember 2022, 17:30 WITA Follow
image

bbn/suara.com/Viral Kuburan di Lombok Timur Dirusak, Sekdes Sebut Warga Tak Mempersoalkan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Beredar viral di media sosial, perusakan belasan kuburan terjadi di tempat pemakaman umum wilayah Desa Dames Damai Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur pada Jumat (9/12/2022) sore.

Selain merusak kuburan, perilaku brutal itu juga merusak sejumlah pohon yang berada di kawasan pemakaman.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Desa (Sekdes) Dames Damai Erwin Wilyandi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar jam 16.00 WITA. Kerusakan belasan kuburan dan pohon di area pemakaman tersebut diketahui warga pada harinya, saat ada orang yang berziarah ke kuburan tersebut.

Sebanyak 15 kuburan dikabarkan rusak. Namun ada tiga kuburan yang batu nisannya tercabut hingga pecah. Sejauh ini hanya ditemukan beberapa pepohonan dan ranting di kuburan tersebut ditebang.

"Hal tersebut menyebar di media sosial", akunya saat ditemui suara.com, Senin (12/12/2022).

Pemerintah desa setempat berjanji akan memperbaiki adanya batu nisan yang rusak. Hingga kini, tidak ada kuburan yang tergali hanya rusak pada bagian batu nisan dan beberapa pepohonan yang ada di kuburan.

"Kami akan lakukan pembenahan", janjinya.

Pihak desa menduga jika pelaku perusakan kuburan tersebut diduga ODGJ. Sebab, keseharian pelaku menunjukkan gejala gangguan jiwa dan sering berjalan di areal pekuburan. Meski begitu, masyarakat sekitar akhirnya tidak mempersoalkan peristiwa perusakan tersebut.

"Tidak ada keberatan masyarakat, karena dia tahu kalau ODGJ", katanya.

Puskesmas setempat langsung melakukan penjemputan dan merujuk ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma, Mataram untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Dia sudah di sana dua malam", katanya.

Atas kejadian ini, Kasi Humas Polres Lotim, Iptu Nicolas Oesman mengatakan kuburan yang rusak sudah diperbaiki oleh keluarga bersama pemerintah desa setempat.

"Pihak desa sudah menjamin dan gotong royong bersama warga terkait kerusakan kuburan tersebut", katanya. (sumber: Suara.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami