search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Keluarga dengan Kemiskinan Ekstrem di Karangasem Tembus 6.348 KK
Senin, 26 Desember 2022, 16:25 WITA Follow
image

beritabali/ist/Keluarga dengan Kemiskinan Ekstrem di Karangasem Tembus 6.348 KK.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Tahun 2022, ribuan Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Karangasem masuk ke dalam kategori keluarga dengan tingkat kemiskinan ekstrem.

Terhitung sesuai dengan hasil verifikasi dan validasi Desa/ Kelurahan yang dilakukan oleh Bapelitbangda Kabupaten Karangasem, ada sebanyak 6.348 Kepala Keluarga dengan kemiskinan ektrim pada tahun 2022 ini di Karangasem. 

"Awalnya data dari Kemenko PMK untuk KK Miskin Ekstrem di Karangasem sebanyak 7.130 KK, setelah 10 hari ini kita lakukkan validasi ditingkat Desa/Kelurahan menjadi 6.348 KK," kata Kepala Bapelitbangda Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa kepada awak media, Senin (26/12/2022).

Menurutnya, jumlah tersebut merupakan KK yang masuk ke dalam kategori Desil 1 atau kemiskinan paling ekstrim dari 10 Desil atau pengelompokan kemiskinan. 

"Desin 1 yang termasuk kemiskinan paling ekstrim, tetapi kita juga harus mengawal yang desil 2 dan 3 agar mereka tidak turun dan masuk ke dalam desil 1," terang Sutirtayasa. 

Lebih lanjut, adapun indikator untuk kategori kemiskinan ekstrim seperti disampaikan mantan Kepala Dinas PUPR Karangasem ini yaitu mereka yang hidup dengan penghasilan di bawah Rp.358.233 per kapita per bulan atau Rp.11.941 per kapita per harinya. 

Sesuai dengan program pemerintah, dimana kemiskinan ektrem di masing - masing daerah harus tuntas pada tahun 2024, sehingga pihaknya akan bekerja keras untuk mencarikan solusi dengan cara bekerja sama bersama OPD yang lainnya. 

"Ada tiga strateginya yang akan kita terapkan, yaitu mengurangi beban pengeluaran masyarakat, Peningkatan pendapatan masyarakat dan Penurunan jumlah kantong kemiskinan," imbuh Sutirtayasa. 

Sementara itu, berdasarkan 7.130 KK data awal kemiskinan ekstrem yang dikeluarkan oleh Kemenko PMK, untuk di Kabupaten Karangasem masing - masing tersebar di seluruh Kecamatan diantaranya, Kecamatan Rendang sebanyak 157 KK, Sidemen 878 KK, Manggis 186 KK, Karangasem 1.174 KK, Abang 2.516 KK, Bandem 572 KK, Selat 374 KK dan Kecamatan Kubu sebanyak 1300 KK.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami