search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Siaran TV Analog di Bali akan Disetop 31 Maret
Senin, 20 Maret 2023, 20:42 WITA Follow
image

bbn/dok beritabali/Siaran TV Analog di Bali akan Disetop 31 Maret.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Siaran TV analog di Bali dan Sumatera Selatan akan dimatikan pada 31 Maret 2023. Jadwal ini menyusul Kalimantan Selatan yang sudah lebih dulu beralih ke siaran TV digital.

"Pada tanggal 31 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat di 9 Kabupaten di Seluruh Bali dan Sumatera Selatan 1 (Kota Palembang dan 3 Kabupaten/Kota sekitarnya)," kata Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, Minggu (19/3/2023).

Masyarakat diingatkan untuk segera membeli set-top-box (STB) jika perangkat TV belum mendukung siaran digital. Dengan begitu dapat menghindari antrean pembelian STB saat TV analog sudah berhenti bersiaran.

"Jauh-jauh hari sudah menyiapkan agar TV-nya yang masih analog untuk melengkapi dengan STB supaya tidak terjadi antrian pembelian STB pada saat siaran analog dihentikan di lokasi-lokasi tersebut," jelasnya.

Gery juga memastikan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan Gabel (Gabungan Pengusaha Elektronik). Yakni dalam rangka memastikan kesiapan penjualan STB di pasaran untuk menjagai suplai dan harga yang stabil.

Sementara itu distribusi STB untuk rakyat miskin per 20 Maret 2023 di Bali diperkirakan sebanyak 80% dan Sumatera Selatan 87%. Untuk wilayah Kalimantan Selatan sendiri, analog switch off (ASO) akan diselenggarakan pada 20 Maret 2023 besok pukul 24.00. Dengan distribusi diperkirakan mencapai 95%.

Gery menjelaskan hambatan distribusi STB di tiga wilayah itu adalah terkait cuaca ekstrem. Namun Gery memastikan hal tersebut tak merubah fokus persiapan ASO.

"Namun hal ini tidak merubah fokus persiapan di ASO karena posko bantuan juga akan disiapkan sebagaimana pelaksanaan ASO di kota-kota lain sebelumnya untuk RTM [Rumah Tangga Miskin] yang memenuhi kriteria dan belum mendapatkan STB," kata Gery. (Sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami