search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Inggris Geger, Skandal PM Rishi Sunak Gegara Istri
Selasa, 18 April 2023, 06:48 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Inggris Geger, Skandal PM Rishi Sunak Gegara Istri

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak kini terjerat skandal. Ia bahkan diselidiki pengawas parlemen atas kemungkinan "kegagalannya" untuk mengumumkan saham milik istrinya.

Hal ini terkait aturan transparansi di Inggris. Dilaporkan AFP, Akshanta Murthy diyakini memiliki saham di sebuah agen pengasuhan anak "Koru Kids" dan telah diuntungkan karena anggaran pemerintah.

Kantor Sunak, Dawning Street, sendiri mengonfirmasi pemeriksaan ini. Mereka mengatakan PM "dengan senang hati membantu mengklarifikasi bagaimana hal ini dinyatakan secara transparan sebagai kepentingan Menteri".

Sunak diketahui tak pernah menyebut saham Murthy di perusahaan tersebut. Padahal Menteri Keuangan Jeremy Hunt Maret lalu, mengumumkan percontohan pembayaran insentif untuk pengasuh anak, jika pekerja mendaftar melalui salah satu dari enam agensi, termasuk Koru Kids.

Sunak sediri sebelumnya menjanjikan integritas, profesionalisme dan akuntabilitas ketika naik jabatan di Oktober 2022. Ia menggantikan pemerintahan singkat Liz Truss yang sebelumnya juga menggantikan Boris Johnson yang mundur karena skandal.

Kritikus, termasuk oposisi utama Partai Buruh, kerap mengatakan Sunak yang kaya raya-yang bekerja di bidang keuangan sebelum memasuki dunia politik- tidak memiliki "keterikatan batin" dengan pemilih biasa yang berjuang dengan kenaikan biaya. 

Istri sunak, Murthy, juga diketahui dari kalangan jet set di mana sang ayah adalah raksasa IT India Infosys dan kekayaannya sekitar US$700 juta.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami