search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mohon Maaf, Tiga Bule Rusia Berpose Tak Senonoh di Pura Pengubengan Teteskan Air Mata
Rabu, 3 Mei 2023, 17:36 WITA Follow
image

beritabali/ist/Mohon Maaf, Tiga Bule Rusia Berpose Tak Senonoh di Pura Pengubengan Teteskan Air Mata.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Tetesan air mata penyesalan mewarnai upacara permohonan maaf secara niskala oleh tiga warga negara asing (WNA) asal Rusia yang berlangsung di Pura Pengubengan, Besakih, Karangasem pada Rabu (3/5/2023). 

Ketiga WNA tersebut diantar oleh petugas Imigrasi. Rasa penyesalan terlihat jelas di wajah ketiga turis tersebut saat Pemangku mulai melaksanakan ritual permohonan maaf secara niskala dengan menghaturkan banten prayasiste, banten pengulap, banten pejatian dan banten guru piduka.

"Saya selaku pemangku berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali di kemudian hari, sekaligus mengimbau kepada siapapun yang datang ke Pura Pengubengan agar mematuhi arahan petugas dan menjaga sopan santun," kata Jero Mangku Nyoman Artawan selaku Pemangku di Pura Pengubengan.

Sementara itu, salah satu WNA saat mengikuti perosesi tersebut mengungkapkan permohonan maaf kepada umat hindu dan masyarakat Bali. Ia mengaku tidak bermaksud untuk melukai perasaan masyarakat Bali karena ketidak mengertiannya. 

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami telah melakukaan kesalahan besar, sekarang kami sudah mengetahui banyak hal dari kejadian ini," ujar salah satu WNA tersebut sambil menangis. 

Seperti diberitakan sebelumnya, turis Rusia tersebut diamankan di kawasan Gianyar Ubud oleh petugas Inigrasi gabungan, ketiga diamankan setelah dilaporkan melakukan hal seronok yaitu menari dan berpose dengan mengenakan busana tidak pantas di gerbang masuk Utama Mandala Pura Pengubengan pada 30 April 2023 lalu.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami