search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemkab Karangasem akan Bangun Gedung MPP Baru Senilai Rp8 Miliar
Rabu, 24 Mei 2023, 13:36 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemkab Karangasem akan Bangun Gedung MPP Baru Senilai Rp8 Miliar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pemkab Karangasem akan membangun gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan pagu anggran sebesar Rp.8 Milliar menggunakan dana yang bersumber dari Bantuan Keuangaan Khusus (BKK) Provinsi Bali. 

Rencana tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karangasem, I Ketut Mertadina, Rabu (24/5/2023). Ia mengatakan, pembangunan gedung baru khusus MPP tersebut karena gedung yang digunakan saat ini dianggap tidak representatif.

Mengingat beberapa fasilitas seperti untuk disabilitas, ruang ASI serta tata letak tempat pelayanan yang ada di Gedung MPP saat ini belum sesuai dengan standar yang direkomendasikan oleh Mendagri, sedangkan daerah diwajibkan agar memiliki MPP. 

"Sesuai dengan hasil kunjungan Mendagri sebelumnya, MPP Kabupaten Badung dianggap sudah layak sehingga dijadikan sebagai rujukan 'lay out' untuk Mal Pelayanan Publik di wilayah lainnya termasuk di Bali dan kita daerah diwajibkan agar ada MPP," kata Mertadina. 

Kabupaten Karangasem sebenarnya selama ini belum memiliki gedung MPP yang representatif, gedung yang dipakai saat ini merupakan gedung Pusat Kerajinan Seni Tradisional bukan untuk MPP sehingga desain lay out, fasilitas, dan, sistem di dalamnya belum cukup memadai untuk standar MPP seperti yang direkomendasikan. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR- Perkim Kabupaten Karangasem, Wedasmara ketika dikonfirmasi soal pembangunan MPP tersebut mengatakan, tahun 2023 ini Pemkab Karangasem akan membangun sejumlah fasilitas diantaranya adalah Gedung Mall Pelayanan Publik, Wantilan Budaya Karangasem, serta Krematorium di Kecamatan Abang dengan alokasi anggarannya sekitar Rp.21.680.000.000 bersumber dari Bantuan Keuangaan Khusus (BKK) Provinsi Bali. 

Dari ketiga proyek tersebut, untuk Mall Pelayanan Publik pagu anggarannya sebesar Rp.8 Milliar, Wantilan Kebudayaan pagu anggarannya Rp.6 Milliar dan Krematorium di Kecamatan Abang pagu anggaran Rp7.6 Milliar lebih.

"Proyek pembangunan MPP akan dijadikan satu paket dengan Wantilan Kebudayaan. Karena lokasi pembangunan lokasinya berdekatan yaitu di samping Stadion Amlapura, Jalan Raya Veteran, Kelurahan Padang Kerta, Karangasem," ujarnya. 

Ia memperkirakan, pengerjaan fisik ketiga proyek bisa dilakukan pada pertengahan tahun 2023 menyusul dalam waktu dekat ini akan dilakukan proses tender. 

Sesuai dengan DED, untuk pembangunaan Mall Pelayanan Publik dekat stadion dirancang akan dibangun 2 lantai. Hanya saja, untuk fisik pembangunan MPP diperkirakan tidak akan tuntas secara keseluruhan lantaran anggaran yang kecil sehingga harus dianggarkan kembali.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami