search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bangunan Tua, Siswa SDN 2 Keramas Gianyar Simulasi Bencana Gempa
Jumat, 21 Juli 2023, 13:34 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bangunan Tua, Siswa SDN 2 Keramas Gianyar Simulasi Bencana Gempa.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Siswa SD Negeri 2 Keramas selama ini belajar di bangunan sekolah yang berusia tua. Sekolah itu dibangun pada 1982 dan hingga kini belum ada direnovasi, sehingga siswa pun diajarkan simulasi bencana.

Hal itu penting, sebab, bencana gempa yang terjadi tanpa jadwal itu bisa saja menggetarkan bangunan sekolah. Oleh sebab itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar menggelar simulasi bencana gempa dipimpin langsung oleh Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Gianyar Gusti Ngurah Dibya Presasta pada Jumat (21/7). 

"Simulasi ini untuk mengedukasi siswa mengenai bahaya dan apa saja yang harus dilakukan oleh siswa ketika ada gempa," ujar dia. 

Pertama, siswa diberikan penjelasan mengenai bencana. Ketika menghadapi bencana, yang dilakukan adalah tenang dan tidak panik. Selanjutnya keluar kelas lalu kumpul di lapangan yang menjadi titik aman berkumpul.

Dalam simulasi, diceritakan jika gempa 4,2 SC yang berpusat di Kuta Selatan berlangsung saat jam mengajar. Lalu terjadi gempa susulan. "Anak-anak dan pengajar menyelamatkan diri dan berkumpul di halaman depan sekolah," jelasnya.

Kegiatan juga bersinergi dengan bhabinkamtibmas desa Keramas. "Babinkamtibmas Desa Keramas melakukan asesmen dan tidak ada korban jiwa," tutup dia. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami