search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tujuh Olahraga Yang Untuk Penderita Diabetes Mengontrol Gula Darah
Selasa, 15 Agustus 2023, 10:21 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tujuh Olahraga Yang Untuk Penderita Diabetes Mengontrol Gula Darah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Memiliki penyakit kronis seperti diabetes bukanlah halangan untuk tetap aktif berolahraga. Sejumlah olahraga ini cocok dilakukan penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Jika Anda hidup dengan diabetes tipe 2, berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah dan berat badan. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Olahraga juga dapat membantu mencegah perkembangan diabetes pada orang yang memiliki prediabetes. The American Diabetes Association (ADA) menyarankan untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu.

Manfaat olahraga pada penderita diabetes memang tidak terlihat secara drastis, namun hasilnya akan terlihat dalam jangka panjang. Hal yang tak kalah penting adalah berkonsultasi dengan ahli medis sebelum menjalani olahraga tertentu.

Melansir berbagai sumber, berikut ini olahraga yang cocok untuk penderita diabetes.

1. Jalan kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan tanpa alat apapun. Para ahli merekomendasikan berjalan cepat setidaknya selama 30 menit lima hari dalam seminggu.

Melansir Healthline, sebuah ulasan pada 2021 menunjukkan, berjalan kaki dapat membantu penderita diabetes tipe 2 menurunkan tekanan darah, kadar HbA1c, dan indeks massa tubuh.

2. Renang

Berenang, aerobik air, jogging aqua, dan aktivitas air lainnya dapat melatih jantung, paru-paru, dan otot sambil memberi sedikit tekanan pada persendian.

Sebuah studi pada 2017 di National Library of Medicine menemukan bahwa olahraga air dapat membantu menurunkan kadar gula darah, seperti halnya olahraga darat.

3. Bersepeda

Kebanyakan, pengidap diabetes juga mengalami arthritis. Arthritis adalah peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan.

Kondisi ini membuat pengidap diabetes kesulitan sulit untuk bergerak. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan adalah bersepeda.

Selain tidak memberikan banyak tekanan pada persendian, bersepeda juga bisa membantu Anda membakar kalori, mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida.

4. Yoga

Sebuah studi pada 2018 di Endocrinology and Metabolism menunjukkan, yoga dapat membantu mengurangi stres dan mengelola kondisi tubuh pada penderita diabetes.

"Ketika tingkat stres meningkat, begitu pula kadar gula darah Anda," kata Colberg penulis studi menukil Everyday Health.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan yoga untuk dilakukan sesering mungkin. Sebuah studi yang diterbitkan pada Maret 2017 di Journal of Physical Activity & Health menyimpulkan bahwa olahraga membantu mengurangi gejala depresi pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

5. Angkat beban

Weightlifting dapat membantu membangun massa otot, yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar setiap hari. Menurut The American Diabetes Association (ADA), latihan kekuatan juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah Anda.

Untuk mempelajari cara mengangkat beban dengan aman dan efektif, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelas angkat beban atau meminta panduan dari pelatih kebugaran profesional.

6. Pilates

Pilates adalah program kebugaran populer yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan core, koordinasi, dan keseimbangan. Menurut sebuah studi pada 2020 di The Journal of Strength and Conditioning Research, terhadap wanita dewasa yang lebih tua dengan diabetes tipe 2, pilates juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

7. Aerobik dance

Aerobik dance seperti zumba adalah olahraga yang mengombinasikan tarian dan gerakan aerobik.

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa wanita dengan diabetes tipe 2 lebih termotivasi untuk berolahraga setelah mengikuti kelas zumba selama 16 minggu. Peserta juga disebutkan meningkatkan kebugaran aerobik mereka dan menurunkan berat badan.

Itulah 7 olahraga yang cocok untuk penderita diabetes.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami