search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
15 Ribu NIB di Karangasem Muncul Usai Perizinan Usaha Berbasis Risiko Diluncurkan
Rabu, 23 Agustus 2023, 18:46 WITA Follow
image

beritabali/ist/15 Ribu NIB di Karangasem Muncul Usai Perizinan Usaha Berbasis Risiko Diluncurkan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Sejak diluncurkannya akses perizinan melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) atau Perizinan Usaha Berbasis Risiko pada bulan Agustus 2021 silam, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karangasem sedikitnya telah menerbitkan hingga belasan ribu Nomor Induk Berusaha (NIB).

Itu artinya, selama kurun waktu dua tahun terakhir atau hingga Agustus 2023 ini, jumlah usaha yang muncul di Karangasem terbilang cukup tinggi yakni ada sekitar 15 ribu NIB yang telah diterbitkan untuk masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan usaha.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karangasem, I Ketut Merta Dina membenarkan hal tersebut, ia mengatakan hingga tahun 2023 ini setelah diluncurkan tahun 2021, sudah ada 15 ribu NIB yang diterbitkan melalui OSS RBA.

“Ya bisa dikatakan NIB ini sama dengan jumlah usaha yang ada di Karangasem, karena sesuai aturan jika warga masyarakat yang memiliki atau hendak membangun usaha wajib memiliki NIB sebelum melengkapi persyaratan lainnya sesuai dengan jenis usaha yang dilakukan,” kata Mertadina pada Rabu (23/8/2023).

Ia menjelaskan, dari sekian NIB yang telah diterbitkan itu, sekitar 90 persen diantaranya didominasi oleh kategori usaha Mikro dengan modal usaha mikro dibawah Rp1 miliar, untuk kecil di bawah Rp5 miliar, dan untuk menengah modal usahanya kurang lebih sampai Rp5-10 miliar. 

Ia memperkirakan, jumlah masyarakat yang akan mengajukan NIB untuk usahanya akan terus bertambah, bahkan hingga akhir tahun 2023 ini bisa menembus di angka 20 ribu NIB yang diterbitkan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami