search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mulai 11 September 2023, Bayar Parkir di Besakih Pakai E-Money
Sabtu, 2 September 2023, 15:09 WITA Follow
image

beritabali/ist/Mulai 11 September 2023, Bayar Parkir di Besakih Pakai E-Money.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih resmi menerapkan penggunaan e-money untuk pembayaran parkir di Besakih mulai 11 September 2023 mendatang. 

Sistem e-parking ini sementara mulai diterapkan hanya untuk kendaraan jenis roda empat keatas saja. Tarif hang dikenakan masih sama seperti sebelumnya, untuk kendaraan ukuran kecil Rp.10 ribu, sedangkan Rp15 ribu dan kendaraan ukuran besar Rp50 ribu. Sedangkan e-money belum diterapkan untuk sepeda motor.

Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta saat dikonfirmasi membenarkan rencana penerapan e-money untuk pembayaran parkir tersebut. Penggunaan e-money ini dilakukan sehubungan dengan operasional smart parking di fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih

"Nanti sistemnya kendaraan yang masuk tap untuk buka plang masuk, kemudian saat keluar tinggal tempelkan kartu e-money maka otomatis akan dipotong saldonya, tarifnya masih sama. Kita ingin menerapkan teknologi serta mempermudah transaksi," kata Muliarta. 

Bagi pemedek atau pegunjung yang belum memiliki kartu e-money, tidak perlu khawatir. Pihak badan pengelola sendiri juga melayani penjualan kartu e-money serta melayani pengisian saldo. Sehingga jika kehabisan saldo atau belum memiliki kartu bisa langsung diproses di Besakih

"Kalo belum punya bisa beli kartu dan bisa top up langsung juga disini. Untuk kartu tanpa saldo harganya Rp.35 ribu, sedangkan pengisian saldo bisa dilakukan mulai dari Rp50 ribu hingga Rp.100 ribu, " imbuhnya. 

Ia meyakini kebanyakan pemilik kendaraa roda empat sudah menggunakan e-money sehingga penerapan smart parking diperkirakan bisa berjalan dengan lancar, terlebih juga pihak badan pengelola telah menyediakan layanan penjualan kartu dan pengisian saldo. 

Menjelang penerapan samrt parking ini, kata Muliarta, secara umum fasilitas penunjangnya sudah cukup memadai, namun diakui masih ada beberapa perbaikan yang akan dilakukan terhadap plang parkir karena sebelumnya rusak ditabrak kendaraan pada saat berlangsungnya karya IBTK.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami