search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wisman Tewas di Toilet Pantai Kelingking, Menparekraf Minta Tour Guide Perhatikan Kondisi Wisatawan
Selasa, 21 November 2023, 10:53 WITA Follow
image

bbn/liputan6.com/Wisman Tewas di Toilet Pantai Kelingking, Menparekraf Minta Tour Guide Perhatikan Kondisi Wisatawan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menteri Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaag Salahuddin Uno menanggapi soal seorang wisatawan mancanegara (wisman) asal Brasil meninggal dunia saat berwisata ke Pantai Kelingking di Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Bali, Kamis, 16 November 2023. 

"Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi di Pantai Kelingking Bali, jadi kalau dibilang berwisata ke sana disebut wisata ekstrem kita belum bisa menyimpulkan seperti. Kita harus lihat dan perhatikan lagi kondisinya seperti apa," ujar Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin (20/11/2023).

"Tapi terlepas dari kondisinya, yang tak kalah penting adalah peranan tour guide atau pemandu wisata di sana. Kami mengimbau agar para tour guide ini bisa lebih memperhatikan kondisi kesehatan dan fisik para wisatwan yang dipandunya. Soal umur memang urusan Tuhan kita tak bisa mengatur, tapi setidaknya bisa mencegah agar tidak terjadi kemungkinan terburuk," tambahnya.

Dalam kondisi tertentu, seperti saat cuaca ekstrem seperti sekarang ini, menurut pria yang biasa disapa Sandi ini, penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan, termasuk saat berwisata di Pantai Kelingking yang mungkin terasa cukup melelahkan bagi sejumlah orang.

Selain itu ada spot-spot yang cukup berbahaya seperti keberadaan beberaap tebing di pinggir pantai yang sering digunakan untuk berfoto, padahal kegiatan itu cukup berbahaya dan sudah beberapa kali ada turis yang terluka karena jatuh dari tebing.

Di tahun lalu, seorang turis asing di Bali selamat setelah terjatuh dari tebing besar. Pria itu berpose untuk foto di tepi tebing saat berada di Pantai Kelingking, Nusa Penida sebelum mencoba membalikkan badan dan jatuh sekitar 130 kaki di bawah.

Polisi mengatakan seorang pemandu wisata mengambil foto pria itu di tujuan wisata populer sebelum aksinya menjadi bumerang. Media setempat melaporkan bahwa telah dilakukan layanan darurat tetapi terhalang oleh medan berbahaya di sekitar tebing.

Mengutip dari New York Post, Minggu, 27 November 2022, unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan Nusa Penida mengatakan operator berusaha mencapai pria itu dengan perahu tetapi terhalang oleh ombak. 

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan seorang penyelamat berhasil turun dari tebing dan menarik pria itu. Pria itu dibawa ke rumah sakit karena menderita cedera kaki yang serius. 

Di sisi lain, keindahan Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali tak perlu diragukan lagi dan bahkan sudah mendunia. Pada Maret lalu, pantai tersebut kembali masuk ke dalam daftar pantai terbaik di dunia 2023 atau Best Beaches in The World 2023.

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami