search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Qris Punya Fitur Baru: Kini Bisa Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai
Sabtu, 9 Desember 2023, 09:43 WITA Follow
image

beritabali/ist/Qris Punya Fitur Baru: Kini Bisa Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Bank Indonesia (BI) mengadakan sosialisasi tiga fitur baru Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) Tuntas dengan tawaran tarik tunai, transfer dan setor tunai saat digunakan masyarakat.

Qris Tuntas merupakan pengembangan fitur dilakukan BI. Melalui fitur ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan transaksi cukup memanfatkan Qris Tuntas.

"Ini (Qris Tuntas) merupakan pengembangan fitur dilakukan BI yang dapat digunakan untuk transfer, tarik tunai dan setor tunai," kata Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Fitria Irrmi Triswati di Seminyak, Kuta, Badung .

Qris pembayaran yang telah terhubung antar-PJP (Penyedia Jasa Pembayaran) yang merupakan bank dan lembaga selain bank bisa digunakan dari satu bank ke bank lainnya.

Sehingga masyarakat di kota kecil yang belum terjangkau oleh bank dan hanya memiliki uang elektronik juga dapat melakukan tarik maupun setor tunai.

"Jadi Qris satu akan tetapi dapat dipakai banyak," paparnya.

Terkait keamanan fitur Qris Tuntas, kata Fitria, sudah memiliki standar keamanan nasional bahkan internasional.

"Ini telah memiliki sistem keamanan nasional hingga internasional," cetusnya.

Sementara, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Arya Rangga Yogasati mengatakan Fitur Tuntas diarahkan untuk mendukung stabilitas sistem pembayaran dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta bertujuan untuk mendorong inklusi melalui perluasan akses pembayaran digital kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Ini yang membedakan kehadiran Tuntas dari fitur QRIS sebelumnya yang hanya bisa digunakan untuk pembayaran,” ucapnya.

Rangga menambahkan, Qris Tuntas menjadi inovasi layanan terbaru QRIS yang berperan memudahkan pengguna dalam tarik tunai dan setor hanya dengan memindai atau scan kode Qris merchant. 

Tidak hanya dapat menerima dan menyetor pembayaran tunai, lanjutnya, tetapi Qris dapat digunakan juga untuk melakukan transfer antar pengguna aplikasi pembayaran.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami