search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
DPRD Beri Masukan Pengelolaan Pariwisata Pada Pemkab Tabanan
Sabtu, 27 April 2024, 16:39 WITA Follow
image

beritabali/ist/DPRD Beri Masukan Pengelolaan Pariwisata Pada Pemkab Tabanan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Pariwisata merupakan sektor penting dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

DPRD Tabanan memberikan sejumlah catatan dalam tanggapan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati 2023. Ada tiga poin utama yang disarankan oleh legislatif kepada pemerintahan Komang Sanjaya dan Edi Wirawan untuk sektor ini.

Tanggapan atau saran ini dibacakan oleh Sekretaris DPRD Tabanan I Made Sugiarta ketika rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Poin pertama, Pemkab Tabanan diharapkan menyusun perencanaan di masing-masing Daerah Tujuan Wisata (DTW) dengan berkoordinasi dan berkolaborasi oleh perangkat daerah untuk perencanaan sebagai dasar untuk grand design dalam pengembangan, promosi dan pengelolaan DTW. 

“Sehingga hasilnya nanti lebih representatif sebagai DTW,” ujar Sugiarta. 

Selain itu, diharapkan mengembangkan promosi pariwisata yang profesional dan terintegrasi sebagai satu kesatuan wilayah berbasis digital serta mengembangkan pariwisata berbasis potensi lokal daerah dengan rancangan kawasan atau daerah dengan potensinya sebagai pertumbuhan yang berwawasan lingkungan dan tata ruang.  

“Juga diharapkan membangun kerjasama dengan lembaga adat istiadat dalam mendukung program pemerintah daerah guna mewujudkan pemahaman yang sama untuk membangun daerah melalui sektor pariwisata yang berbasis lokal,” ujarnya. 

Selain itu, Pemkab Tabanan diharapkan konsisten pada pembangunan adat, agama, tradisi, seni dan budaya sangat relevan dengan visi dan misi daerah dan apabila pembangunan daerah tidak terfokus maka dipastikan eksistensi akan tergerus zaman. 

“Adat, agama, tradisi, seni dan budaya merupakan hal yang terintegrasi sehingga hal ini akan menjaga taksu daerah khususnya Tabanan,” ujar Sugiarta.

Editor: Robby

Reporter: DPRD Tabanan



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami