search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Evakuasi Mahasiswa Poltekpar Bali Tersesat di Gunung Agung
Senin, 19 Agustus 2024, 08:57 WITA Follow
image

beritabali/ist/Evakuasi Mahasiswa Poltekpar Bali Tersesat di Gunung Agung.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Seorang mahasiswa bernama Komang Jonathan (18) asal Jimbaran, Kabupaten Badung yang dilaporkan tersesat saat melakukan aktivitas pendakian di Gunung Agung, Karangasem, Bali pada Sabtu (17/8/2024) malam berhasil dievakuasi.

Sedikitnya ada 25 orang personel SAR Gabungan yang diterjunkan untuk melakukan pencarian terhadap mahasiswa Poltekpar Bali tersebut sebelum akhirnya ditemukan dalam kondisi lemas di ketinggian 1.964 MDPL pada Minggu (18/8/2024) siang. 

Informasi yang diperoleh, awalnya pada Sabtu pagi, Jonathan mendaki Gunung Agung melalui jalur Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem bersama empat orang temannya tanpa didampingi pemandu lokal. Di tengah perjalanan, Jonathan tidak mampu melanjutkan perjalanan karena lapar sehingga memutuskan untuk turun, sedangkan rekannya tetap melanjutkan perjalanan. 

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana mengatakan posisi target waktu tidak melanjutkan pendakian berada di ketinggian 2.600 MDPL.

Sedangkan rekannya yang lain melanjutkan pendakian, namun setelah sampai di ketinggian 2.800 MDPL mereka juga akhirnya memutuskan untuk turun. Hanya saja, setelah sampai dibawah pada Sabtu malam, mereka tidak menemukan Jonathan. Warga sekitar juga mengaku tidak melihat ada yang turun dari Gunung Agung sebelumnya sehingga diputuskan melaporkan ke Basarnas untuk membantu melakukan pencarian. 

"Karena saat itu hari sudah malam dan gelap, dengan alasan keamanan proses pencarian baru bisa dilakukan pada Minggu (18/8/2024) pagi, kita mulai melakukan pencarian sekitar pukul 07.00 WITA dan target berhasil kita temukan di ketinggian 1.960 MDPL sekitar pukul 10.59 WITA,” kata Wiadnyana.

Saat ditemukan kondisi Jonathan dalam keadaan selamat namun sedikit lemas. Setelah itu, Jonathan langsung dievakuasi ke bawah oleh Tim SAR gabungan yang terlibat berjumlah sekitar 25 orang.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami