search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Undiksha Wisuda 1.473 Lulusan, Rektor Tekankan SDM Unggul dan Berkarakter
Kamis, 29 Agustus 2024, 22:54 WITA Follow
image

beritabali/ist/Undiksha Wisuda 1.473 Lulusan, Rektor Tekankan SDM Unggul dan Berkarakter.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Universitas Pendidikan Ganesha menggelar Wisuda, Kamis (29/8/2024). Wisuda juga dilaksanakan pada Jumat (30/8/2024). Jumlah wisudawan seluruhnya mencapai 1.473 orang terdiri atas 14 orang S3; 69 orang S2; 44 orang Profesi Dokter; 1189 S1; 138 orang D4; dan 19 orang program D3. 

Dalam sambutannya Rektor Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., menyampaikan, sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Negeri di Indonesia, Undiksha selalu berkomitmen untuk berkontribusi dalam menghasilkan human resourches (SDM) unggul dan berkarakter. 

"Kami senantiasa berusaha bertransformasi untuk mewujudkan Good University Governance," ungkapnya.

Disampaikan pula, saat ini Undiksha sudah memiliki 36 (45%) prodi dengan akreditasi A/Unggul sebanyak dari 78 prodi yang ada dan tahun ini Undiksha sedang mempersiapkan 42 prodi untuk mengajukan Reakrediatsi menuju unggul. 

Selain itu, Undiksha juga telah memiliki 18 prodi (23%) terakreditasi Internasional dengan status Unconditional dan Conditional. Berdasarkan evaluasi Indikator Kinerja Utama PT tahun 2024. Undiksha berada pada peringkat 4 dari 30 PTN BLU di Indonesia. 

Untuk meningkatkan kualitas lulusan dan membangun iklim akademik yang baik bagi mahasiswa, tahun ini Undiksha kembali mengirimkan 7 mahasiswa untuk mengikuti fast-track (3+2) program, bekerjasama dengan Ming Chi University of Technology, Taiwan yang telah dijalin sejak tahun 2021. Total mahasiswa yang telah dikirim sebanyak 35 orang, 1 orang sudah berlanjut ke jenjang doktor di MCUT dan 1 orang bekerja sebagai asisten reset di MCUT Taiwan. 

Selain itu juga, pada September 2025, Undiksha berencana untuk mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program double degree dengan Anger University dalam bidang Hotel Management, dan bekerjasama dengan La Rochelle University untuk mengikuti fast track program dalam bidang Computer Science dan Applied Foreign Language. 

Kerjasama yang dijalin tersebut bertujuan untuk memberikan international experience kepada mahasiswa dengan melibatkan mereka dalam program-program International maupun dengan menjadikan Undiksha sebagai rumah belajar bagi Masyarakat Internasional melalui program Internationalization at Home yang sudah dimulai sejak 2019. 

Sebagai institusi akademik, Undiksha merupakan sebuah jembatan yang bertugas untuk mengantarkan generasi muda ke gerbang kesuksesan untuk menjadi generasi yang lebih baik ke depan. Undiksha juga terus berbenah untuk bisa menjadi universitas unggul dan berdaya saing. Salah satunya dengan berproses menuju PTNBH yang merupakan proses pematangan organisasi (organizational maturity), perguruan tinggi diharapkan dapat lebih agile, lebih adaptif terhadap berbagai perubahan yang terjadi. 

Melalui berbagai program yang telah dirancang, Undiksha diharapkan dapat mengakselerasi dirinya untuk menjadi trend-setter university dan International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). 

Kepada wisudawan dan wisudawati yang akan memulai memasuki lingkungan baru, sebagai pribadi-pribadi yang kompeten, Rektor Prof. Lasmawan berpesan agar tidak menyerah saat menghadapi kegagalan. 

"Banyak kegagalan dalam hidup disebabkan oleh orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan. Ketika mereka menyerah, untuk itu pahamilah bahwa hidup adalah perjalanan yang harus dilakoni, karena jalan yang anda pilih akan menentukan level suksesmu dikemudian hari," pesannya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami