search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Latihan Heli Free Jump Menjelang Bali International Air Show
Senin, 16 September 2024, 23:56 WITA Follow
image

beritabali/ist/Latihan Heli Free Jump Menjelang Bali International Air Show.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI Kusworo, turut menyaksikan latihan Heli Free Jump yang dilakukan oleh para peserta dari Basarnas Special Group (BSG), Senin (16/9/2024). 

Latihan ini juga melibatkan perwakilan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Surabaya, dan Denpasar.

Latihan yang berlangsung pada hari Senin ini, dilaksanakan di Hanggar Heli Basarnas Kelan dan Pantai Muaya. Sebanyak 36 personel diterjunkan dari Heli Dauphin HR 3603 dengan ketinggian sekitar 10 kaki, dan selanjutnya berenang menuju bibir pantai. Latihan tersebut dibagi dalam lima sorti, masing-masing terdiri dari sekitar lima orang rescuer dan seorang jumping master.

Dalam wawancara singkatnya, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo menjelaskan bahwa latihan ini merupakan bagian dari persiapan untuk gelaran Bali International Air Show. 

"Latihan ini merupakan serangkaian tahap penyiapan personil yang telah kami siapkan sejak H-2. Dari kemarin, kami sudah melakukan drill kering," ujarnya.

Selain itu, Kusworo mengungkapkan bahwa pada Siaga SAR Khusus kali ini, Basarnas melibatkan total 100 personel yang disiagakan. Kegiatan ini juga melibatkan tim medis dari RS Nusa Medika, dengan penggerakan satu unit ambulans, dokter, serta tenaga perawat. 

"Kami juga mengerahkan dua heli alat utama sistem senjata (alutsista) dari Surabaya dan ATS Bogor," tambahnya.

Latihan ini masih akan dilanjutkan dengan materi praktek latihan kering heli rapeling yang dijadwalkan berlangsung esok hari di Hanggar Basarnas-Kelan. Melalui latihan ini, Basarnas memastikan kesiapan personelnya dalam menghadapi berbagai situasi darurat, terutama menjelang acara besar seperti Bali International Air Show.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami