search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sadya Warada, Langkah Antisipasi Bawaslu Berbasis Pengawasan Partisipatif
Rabu, 18 September 2024, 12:56 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sadya Warada, Langkah Antisipasi Bawaslu Berbasis Pengawasan Partisipatif.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Politik adalah arena di mana berbagai kepentingan, nilai, dan tujuan bersaing dan bersinggungan untuk mendapatkan ruang dan pengaruh. 

Dalam tiap perdebatan, ada benturan gagasan, dan di setiap keputusan, selalu ada pihak yang merasa dirugikan.

Hadapi potensi konflik imbas dari politik, Bawaslu Bali meluncurkan program Sadya Warada sebagai bentuk langkah antisipasi berbasis pengawasan partisipatif.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, menjelaskan bahwa, Gerakan Pengawasan Sadya Warada mengacu pada bahasa sansekerta yang secara harfiah diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan berlandaskan cinta kasih.

"Sadya Warada itu dianalogikan sebagai pengawasan partisipatif di Bali,  dilakukan penuh semangat dan tetap berpegang teguh pada cinta kasih," jelasnya, kemarin, Selasa,(17/9/2024) di Badung.

Selanjutnya, Sadya Warada juga mendapat apresiasi dari Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan, I Gede Suwindia. 

Menurutnya konsep diusung Bawaslu Bali dalam gerakan pengawasannya kali ini cukup merepresentasikan proses kontestasi di Bali.

"Saya kagum dengan konsep yang diusung Bawaslu dengan Sadya Waradanya, disini juga kita bisa belajar bahwa Kontestasi bukan tentang dipilih dan memilih saja, ada tanggung jawab besar menjaga kondusifitas untuk Bali stata Shanti," paparnya.

Peluncuran Sadya Warada ini disaksikan Majelis Desa Adat se-Bali, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik se-Bali, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Suber Daya Manusia se-Bali, dan Mahasiswa.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami