search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Setelah Dilantik, Posisi Rai Santini di DPRD Tabanan Akan Digodok Induk Partai
Senin, 21 Oktober 2024, 20:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/Setelah Dilantik, Posisi Rai Santini di DPRD Tabanan Akan Digodok Induk Partai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Pascapelantikan sebagai anggota DPRD Tabanan Pergantian Antar Waktu (PAW) I Made Rai Santini ditargetkan akan langsung bekerja. Namun, hal tersebut masih terkendala penempatannya di komisi. 

Ketua DPRD Tabanan I Nyoman Arnawa mengatakan, pihaknya akan melakukan penggodokan terlebih dahulu.

"Nanti kami atur masuk komisi mana yang jelas akan digodok dulu di DPC partai. Target minggu ini sudah selesai biar bisa langsung kerja maksimal," ujarnya Kamis, (17/10).

Arnawa mengatakan, bisa saja Rai Santini langsung menggantikan Made Dirga di Komisi III tapi, akan dilihat lagi kompetensi dari Rai Santini. “Nanti kami lihat lagi sesuai kompetensi,” ujarnya.

Srikandi PDI Perjuangan asal Desa Bongan, Tabanan Rai Santini akhirnya lolos ke DPRD Tabanan setelah sebelumnya tiga kali gagal dalam pencalegan. 

Pada Pileg 2019 lalu Rai Santini hampir saja lolos dari Dapil I (Tabanan-Kerambitan). Dia kalah tipis selisih 6 suara saja dengan I Ketut Arsana Yasa. Kala itu sempat terjadi penghitungan ulang surat suara pada pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten. 

Proses tersebut berlangsung alot. Saat itu Rai Santini mengoleksi 3.567 suara, sementara Arsana Yasa dapat 3.573 suara, hanya selisih 6 suara. Rai Santini pun terpental alias gagal lolos ke kursi DPRD Tabanan 2019-2024 dari Dapil I (Tabanan-Kerambitan). Sebaliknya, Arsana Yasa melenggang ke kursi Dewan. Bahkan imbas dari kekalahan itu simpatisan Rai Santini sempat nyatakan kekecewaan. 

Sementara pada Pileg 2024 lalu Rai Santini juga gagal lolos. Dia hanya menduduki peringkat 9 di internal PDIP. Kader PDIP asal Desa Bongan, Kecamatan Tabanan ini hanya memperoleh 2.846 suara. 

Masuknya Rai Santini sebagai anggota DPRD Tabanan berstatus PAW I Made Dirga akan menambah jumlah Srikandi alias anggota dewan perempuan di DPRD Tabanan dari 7 orang saat ini menjadi 8 orang. 

Untuk anggota DPRD Tabanan periode 2024-2029 sebanyak 7 caleg srikandi lolos, yakni Ni Putu Yuni Widyadnyani alias Nuning raih 7.106 suara, Ni Made Suryani 5.768 suara, Ni Made Dewi Trisnayanti 5.627 suara, AA Sagung Ani Ariani 5.549 suara, Ni Nyoman Ayu Wahyuni 4.997 suara, dan Ni Made Rahayuni 4.931 suara. 

Keenamnya berasal dari PDIP. Sedangkan satu srikandi yang kembali bertahan di DPRD Tabanan berasal dari Partai Gerindra, yakni Ni Nengah Sri Labantari yang meraih 2.324 suara. 

Editor: Robby

Reporter: DPRD Tabanan



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami