search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Presiden Prabowo Akan Buat Program Pemutihan Utang untuk 6 Juta Petani dan Nelayan
Rabu, 23 Oktober 2024, 22:40 WITA Follow
image

bbn/net/Presiden Prabowo Akan Buat Program Pemutihan Utang untuk 6 Juta Petani dan Nelayan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Presiden Prabowo Subianto berencana untuk memutihkan utang sekitar 6 juta petani dan nelayan di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Hashim Djojohadikusumo, adik dari Prabowo, dalam sebuah dialog di Menara Kadin, Jakarta Selatan, pada Rabu sore.

Hashim menyatakan bahwa peraturan presiden (perpres) untuk pemutihan utang tersebut dijadwalkan akan ditandatangani oleh Prabowo pada pekan depan. "Ini mungkin minggu depan Pak Prabowo akan teken suatu perpres pemutihan. Sedang disiapkan oleh Pak Supratman (Menteri Hukum), semua sesuai undang-undang," ucapnya.

Ia menambahkan, langkah ini diharapkan dapat memberikan harapan baru bagi petani dan nelayan, serta memungkinkan mereka untuk mengakses kredit perbankan kembali. "Sekitar 5 juta-6 juta orang dengan keluarganya akan dapat hidup baru, dan mereka dapat hak untuk pinjam lagi ke perbankan," imbuh Hashim.

Hashim menjelaskan bahwa utang yang akan dihapus adalah utang masa lalu yang timbul akibat berbagai krisis ekonomi, termasuk krisis moneter 1998 dan krisis ekonomi 2008. Besaran utang tersebut, menurutnya, berkisar antara Rp10 juta hingga Rp20 juta per orang.

Lebih lanjut, Hashim menjelaskan bahwa utang-utang ini sudah lama dihapusbukukan dan telah diganti oleh asuransi perbankan, tetapi hak tagih dari bank belum dihapus. Akibatnya, banyak petani dan nelayan yang terpaksa meminjam dari rentenir dan pinjaman online (pinjol) untuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Saya baru tahu pinjol enam bulan lalu. Meskipun saya konglomerat dan tidak perlu pinjol, saya terkejut mendengar kondisi ini. Saya sampaikan ke Prabowo bahwa ini harus diubah," katanya.

Konsultasi dengan tim ekonomi Prabowo telah dilakukan untuk memastikan bahwa pemutihan utang ini tidak akan merusak ekosistem perbankan di Indonesia. Hashim menegaskan bahwa langkah ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian terhadap nasib petani dan nelayan yang selama ini terjebak dalam utang. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami