search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7000 Orang di Bali Alami Gangguan Jiwa
Sabtu, 20 Desember 2008, 18:33 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Mau tahu berapa orang di Bali yang alami gangguan jiwa saat ini? Suryani Institute memperkirakan sebanyak 7000 orang di Bali mengalami gangguan jiwa. Sebagian besar dari jumlah tersebut tidak mendapatkan perawatan secara serius.

Data tersebut disampaikan Sekretaris Suryani Institute Cokorde Bagus Jaya Lesmana, ketika ditemui beritabali.com di Renon (20/12). Jaya Lesmana menyebutkan dari sekitar 7000 orang yang mengalami gangguan jiwa di Bali, sekitar 200 orang diantaranya terpaksa dipasung oleh pihak keluarga.

Berdasarkan hasil kajian Suryani Institute, kasus gangguan jiwa paling banyak ditemukan di Kabupaten Buleleng dan Karangasem. Seperti di Kabupeten Karangasem tercatat 890 orang mengalami gangguan jiwa dan 25 orang diantaranya terpaksa dipasung.

Cokorda Bagus Jaya Lesmana menyatakan secara rata-rata orang yang mengalami gangguan jiwa di Bali sudah mengalami gangguan jiwa selama 5 tahun. Sedangkan jika dicermati dari penyebab gangguan jiwa yang terjadi lebih didominasi oleh faktor ekonomi.

Jaya Lesmana memprediksikan kasus gangguan jiwa di Bali pada tahun 2009 mendatang akan mengalami peningkatan. Penyebabnya krisis ekonomi global telah menyebabkan melemahnya kemampuan ekonomi masyarakat. 
 

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami