search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lie Gwan Kiong ‘Diserbu’ Umat Tri Dharma
Minggu, 25 Januari 2009, 18:59 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

imlek singarajaUmat Tri Dharma yang terdiri dari Budha, Tao dan Konghucu di Kabupaten Buleleng hari ini mulai ‘menyerbu’ tempat ibadah Tri Dharma (TITD) Lie Gwan Kiong, yang berlokasi di bekas Pelabuhan Buleleng. Kemeriahan Tahun Bari Imlek 2560 di tempat ini akan diwarnai dengan prosesi ciamsi dan pagelaran Barongsai.

Prosesi penyambutan Tahun Baru Imlek mulai dilakukan umat Tri Dharma di Kabupaten Buleleng. Hari ini, sejak pagi sejumlah umat telah melakukan persembahyangan secara khusuk seperti terlihat di tempat ibadah Lie Gwan Kiong.

“Prosesi kita baru mulai malam ini dengan persembahyangan dan pertunjukan barongsai bersama liong, selanjutnya kita akan menggelar prosesi ciamsi hingga malam pergantian tahun imlek ini,” ungkap Loucu atau pengurus TITD Lie Gwan Kiong Putra Gotama alias Cae-Cae didampingi Touke Tan Kian Liong dan Tauke Tan Kok Bing.

Ciamsi sebagai tradisi yang dilakukan pengurus TITD Lie Gwan Kiong dimaksudkan untuk mengetahui peruntungan di Tahun Kerbau Api.


”Ciamsi ini merupakan ramalan yang telah dilakukan turun temurun sejak Lie Gwan Kiong ini ada. Ciamsi untuk mengetahui ramalan dari berbagai sudut, perekonomian bisnis, kesehatan, keamanan dan lain-lain di Buleleng,” ujar Cae-Cae. 

Reporter: bbn/sas



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami