search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ribuan Masssa Demo Tolak Penutupan KKM
Jumat, 20 Februari 2009, 23:07 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

koperasi kkmPasca ditutup Polda Bali, ribuan massa di Kabupaten Karangasem Bali mendatangi kantor Koperasi Karangasem Membangun (KKM). Mereka menolak koperasi ini ditutup karena selama ini dinilai telah membantu mereka dan menguntungkan secara bisnis.

Ribuan massa yang mendatangi kantor Koperasi Karangasem Membangun di wilayah Subagan ini berasal dari Karangasem dan beberapa kabupaten lainnya di Bali. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sejumlah personil dari Polres Karangasem dan Brimob Polda Bali disiagakan di depan kantor koperasi ini.

Kedatangan warga ke kantor koperasi ini untuk menanyakan nasib uang mereka yang telah diinvestasikan di koperasi ini. Mereka juga menyatakan menolak tegas jika koperasi ini ditutup oleh pihak berwenang, karena dinilai telah banyak membantu mereka.

“Saya sangat tidak setuju koperasi ini ditutup, kalau diaudit saya setuju, selama ini koperasi ini telah banyak membantu kami, ujar salah seorang warga Gusti Made Wastika.

Kantor Koperasi Karangasem Membangun digerebek tim gabungan Polda Bali dan Polres Karangasem Jumat siang. Dalam penggerebekan ini polisi menyita uang tunai belasan milyar rupiah, 3 kilogram emas, dan ratusan BPKB kendaraan bermotor. Selain itu, polisi juga memblokir uang senilai Rp 141 milyar dari dua bank berbeda.

Menurut pihak Polda Bali, penutupan koperasi ini dilakukan karena praktik yang dijalankan tidak sesuai dengan ijin yang dimiliki.

“Ijin usaha koperasi yang dimiliki digunakan untuk bisnis investasi dan multi level marketing sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari jika terjadi gagal bayar, jelas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Gde Sugianyar.

Untuk diketahui, Koperasi Karangasem Membangun atau KKMini mulai beroperasi sejak 2 tahun terakhir dengan anggota mencapai 60 ribu lebih warga Kabupaten Karangasem dan kabupaten lainnya di Bali.


Transaksi koperasi ini per harinya mencapai tiga hingga lima milyar rupiah. Sementara total aset yang dimiliki mencapai ratusan milyaran rupiah. 

Reporter: bbn/art



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami