search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tiga Agama Doa Bersama
Minggu, 22 Februari 2009, 17:27 WITA Follow
image

images.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

petik lautAda pemandangan menarik dalam upacara petik laut yang digelar oleh beberapa kelompok nelayan di Pantai Candikusuma, Candikusuma, Melaya, Minggu (22/2). Biasanya, upacara petik laut identik dengan nuansa muslim, namun di Candikusuma semua 3 umat beragama, lengkap dengan sarana upacaranya bergabung dalam satu tempat dan memanjatkan doa secara bergiliran sesuai dengan agamanya masing-masing.

Pantauan di lokasi, doa diawali oleh pemuka agama Kristen yang diikuti oleh umatnya, kemudian disusul oleh pemuka agama Islam yang juga diikuti oleh seluruh umatnya. Sedangkan umat Hindu dengan sesajennya mendapatkan kesempatan terakhir.

"Doa bersama ini merupakan bukti kita untuk menjunjung
tinggi persatuan dan kesatuan antar umat beragama," ujar Ketut Suwenden, Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama Kecamatan Melaya.

Seusai melakukan persembahyangan, upacara petik laut dilanjutkan dengan melarung sesajen yang ditempatkan dalam sebuah miniatur perahu ke tengah laut yang diiringi berbagai suara gamelan yang bersumber dari jegog, bleganjur dan hadrah

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara, Mahmud, mengungkapkan makna terpenting yang ingin diambil dengan digelarnya upacara petik laut ini adalah sebagai ucapan rasa syukur atas berbagai berkah yang diberikan Tuhan selama ini.


"Upacara petik laut ini merupakan cara kita untuk menunaikan kewajiban kita sebagai seorang nelayan dalam mengucapkan syukur atas berkah Tuhan," katanya. 

Reporter: bbn/dey



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami