search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ratusan Peserta Berebut Kursi CPNS
Minggu, 28 November 2010, 14:06 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Sebanyak 906 peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), Minggu (28/11) mengadu nasib dengan mengikuti tes tulis bertempat di GOR Kresna Jvara, Jembrana. Tes tulis merupakan tes yang kedua diikuti peserta setelah sebelumnya mengikuti tes komputer.

Pada pelaksanaan tes tersebut, 39 peserta dipastikan gugur karena tidak hadir. Sedangkan pada saat pelaksanaan tes komputer sebelumnya sebanyak 113 peserta juga dipastikan gugur dengan alasan yang sama.

Ketua Panitia Pengadaan CPNS Jembrana tahun 2010, I Made Sudiada mengatakan banyaknya peserta yang tidak hadir saat tes akhir kemungkinan karena yang bersangkutan mengikuti tes di daerah lain. Dan kebanyakan dari peserta yang tidak hadir tersebut berasal dari strata sarjana.


Selain itu, untuk lebih memperketat pengawasan, Sudiada menuturkan bahwa pihaknya telah mengerahkan sebanyak 100 orang pengawas yang berasal dari eselon III, IV serta sejumlah staf pemkab Jembrana.



Adanya pelaksanaan tes akhir CPNS ini juga mengundang perhatian DPRD. Disela-sela berlangsungnya tes, Plt Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa menyempatkan diri hadir meninjau langsung.

Sugiasa sempat berkeliling melihat–lihat peserta yang tengah serius menyelesaikan soal-soal. Sugiasa juga sempat mengecek jumlah kehadiran serta kecocokan antara foto daftar hadir peserta untuk menghindari adanya sistem perjokian.



Pelaksanaan tes dimulai dari pukul 9.00 – 11.00. Seluruh peserta saat menempati tempat duduk dikelompokkan berdasar strata pendidikannya masing-masing. Sebelum berlangsungnya tes sempat terjadi kejadian menarik ketika tiga orang peserta terpaksa dikeluarkan sementara karena menggunakan celana jeans.

“Mereka kita beri toleransi 15 menit untuk mengganti celananya dengan bahan kain sesuai dengan aturan yang telah ditentukan sebelumnya,“ ujar Sudiada.

Dibandingkan tahun sebelumnya pelamar CPNS di Jembrana melonjak sebanyak 300 %. Hal ini ditenggarai karena selain profesi PNS makin menjadi primadona dikalangan masyarakat juga karena diturunkannya syarat IPK Jembrana dari minimal 3 menjadi 2,8. Sedangkan untuk kelulusan peserta baru akan diumumkan pada tanggal 11 desember 2010 mendatang. (ctg/*)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami