search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Banyak Terumbu Karang Tertutup Sampah Plastik
Kamis, 12 Mei 2011, 18:48 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Berdasarkan hasil Marine Rapid Assessment Program (MRAP) atau program pemetaan laut secara cepat di 33 titik perairan Bali, lembaga konservasi internasional (CI) menilai bahwa kemampuan adaptasi terumbu karang di Bali terhadap perubahan iklim sangat tinggi.

Dimana trumbu karang di Bali terbukti mampu melakukan adaptasi terhadap perubahan suhu air laut hingga 8 derajat celcius.

Direktur Program Kelautan Conservation International (CI) Indonesia Ketut Sarjana Putra ketika ditemui Beritabali.com di Renon, Kamis (12/5) menyebutkan beberapa kawasan perairan yang memiliki terumbu karang dengan daya adaptasi tinggi yaitu Nusa Penida, Candi Dasa, Amed, Pulau Menjangan dan Pemuteran. Terumbu karang di kawasan-kawasan tersebut juga mempunyai daya pemulihan yang cukup tinggi dari kerusakan.

�Bahwa Bali itu memiliki terumbu karang yang unik dan kemampuan untuk pemulihannya tinggi, karena dulu tahun 97 dan 98 rusak karena mahkota berduri misalnya di pulau menjangan, saat ini kita pantau kembali. Mungkin tahun 97, 98 kemampaun pemulihan kurang dari 15 persen, tetapi datang mereka menunjukkan sekarang mungkin diatas 50 persen,� papar Ketut Sarjana Putra.

Sarjana Putra mengaku sangat kecewa karena dari hasil pemetaan juga cukup banyak terumbu karang yang tertutup sampah plastik. Kondisi ini paling banyak ditemukan di perairan Sanur. (mlt)

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami