search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Awas, Merica Palsu Beredar di Jembrana
Selasa, 6 September 2011, 16:25 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Jembrana menyikapi temuan adanya merica yang diduga palsu telah beredar di sejumlah pasar di Kabupaten Jembrana. Dalam sidak tersebut petugas Perindagkop ternyata banyak menemukan merica yang diduga palsu dijual bebas di beberapa pedagang pasar umum Negara Selasa (6/9) pagi.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Jembrana I Gede Yasa Arimbawa, pihaknya membenarkan adanya merica yang diduga palsu beredar di sejumlah pedagang di pasar umum Negara.

”Kami memang menemukan merica palsu tersebut, untuk tindak lanjutnya pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait,” kata Yasa Arimbawa.

Perbedaan antara merica asli dengan merica yang palsu bila dilihat dengan kasat mata memang sama. Tetapi jika diteliti perbedaannya sangat tampak seperti warna dan baunya. Jika merica yang palsu berwarna agak putih dan tidak berbau dan yang asli warnanya kecoklatan dan berbau menyengat.

Sementara salah seorang pedagang sembako yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan merica palsu ini didapat dari Jawa. Dengan harga Rp.65.000/kg.

”Saya beli merica ini dari pedagang yang mengaku dari jawa dengan harga murah,” jelasnya.

 

Harga merica yang palsu biasanya dijual dengan murah berkisar Rp65.000/kg, sedangkan untuk merica yang asli selisih harga sangat jauh yakni Rp82.000/kg. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami