search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4 Subak Ditarget Menjadi Warisan Budaya Dunia
Minggu, 16 Oktober 2011, 14:32 WITA Follow
image

google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. 4 Subak di Bali ditargetkan menjadi bagian dari Warisan Budaya Dunia (WBD) 2012. Kempat kawasan subak tersebut diantaranya kawasan Subak Pura Luhur Ulun Danau Batur, DAS Pakerisan, Taman Ayun dan Jatiluwih.

Target tersebut diusung karena ke-4 kawasan tersebut kembali masuk dalam nominasi warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan dan kebudayaan dunia (UNESCO).

Sekretaris pengelola Warisan Budaya Bali Alit Artha Wiguna menyatakan penetapan subak menjadi warisan budaya dunia akan menjadi salah satu upaya mempertahankan lahan persawahan di Bali. sekaligus upaya mempertahankan konsep subak dengan berbagai adat-istiadatnya, termasuk upaya pelestarian sumber mata air

“Yang namanya subak tidak bisa lepas dari air, Jaminan dari pemerintah atau institusi yang mengelola itu bener-benar harus ada, tidak ada subak yang bisa bertahan tanpa air, oleh karena itu sistem irigasi atau air harus di jamin,” tegas Alit Artha Wiguna.

Artha Wiguna mengungkapkan sebelumnya ke-4 kawasan Subak tersebut telah masuk nominasi warisan budaya dunia pada 2008, namun gagal karena kesalahan peyajian dokumen. Ke-4 kawasan subak ini awalnya diajukan sebagai bagian dari warisan budaya dunia sejak 2002 dan diharapkan pada tahun depan ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO.(mlt)

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami