search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
'Leak Masa Kini' Laris Dipesan
Jumat, 16 Maret 2012, 08:42 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Menjelang hari raya Nyepi, pengrajin atau pembuat patung ogoh-ogoh banjir pesanan. Salah satu bentuk ogoh-ogoh yang banyak dipesan adalah ogoh-ogoh leak masa kini. Hal ini disampaikan pembuat ogoh-ogoh asal Desa Sesetan Denpasar, Jero Mangku Candra.

"Menjelang Nyepi saya kewalahan terima pesanan. Satu hari saya bisa buat 5 ogoh-ogoh berbagai bentuk. Kalau satu bulannya saya bisa buat ogoh-ogoh 100 buah," kata Jero Mangku Wayan Candra, belum lama ini. Rata-rata ogoh-ogoh yang dibuat Mangku Candra berbentuk menyeramkan dengan tinggi satu hingga lima meter.

"Sekarang ini yang banyak dipesan ogoh-ogoh leak masa kini atau leak modern, begitu orang menyebutnya,"ujar Candra. Untuk satu buah ogoh-ogoh, Mangku Candra mematok harga Rp 500 ribu hingga Rp 12 juta sesuai bentuk dan ukuran ogoh-ogoh yang dipesan. "Bagi saya yang terpenting orang senang bisa punya ogoh-ogoh, harga nomor sekian, berapa punya uang, segitu saya buatkan," ujarnya.

Ogoh ogoh 'made in' bengkel Gases milik Mangku Candra tak hanya dibeli warga dari beberapa wilayah di Bali. Mangku Candra yang dibantu 50 pekerja juga sudah mengirim ogoh-ogoh ke beberapa daerah di Indonesia seperti Bekasi, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, dan daerah lainnya di Indonesia. Bahkan Mangku Candra juga sudah mengirim satu buah ogoh-ogoh ke Eropa, tepatnya ke negeri Belgia.
 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami