search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kemendikbud Desak Bangli Bentuk Badan Pengelola Geopark Batur
Selasa, 30 Juli 2013, 21:26 WITA Follow
image

google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BANGLI.

Beritabali.com, Renon. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendesak pemerintah Kabupaten Bangli untuk segera membentuk Badan Pengelola Geopark Batur. Pembentukan Badan Pengelola Geopark Batur dinilai sangat penting dan strategis dalam upaya menjaga kelestarian kawasan Geopark Batur Bangli.
 
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Kacung Marijan dalam keteranganya di Renon (30/7/2013) mengungkapkan dengan adanya badan pengelola maka perencanaan pengembangan Geopark Batur dapat dilakukan secara terkoordinasi. Selain itu kerusakan lingkungan di kawasan Geopark dapat diminimalkan.
 
“itu harus ada badan pengelola yang terintegrasi dan memiliki 3 fungsi pokok yaitu fungsi konservasi, pengembangan, dan pemanfaatan termasuk disitu untuk pendidikan, badan pengelola ini bukan hanya mengurusi tiket juga mendidik masyarakat disekitar itu supaya tidak merusak lingkungan” ujar Prof. Kacung Marijan.
 
Kacung Marijan menambahkan dengan adanya Badan Pengelola Geopark Batur maka konflik kepentingan dapat diredam. Apalagi saat ini permasalahan utama dalam pengelolaan Geopark Batur adalah masih adanya penambangan galian C di Kawasan Geopark Batur. Belum lagi dalam kawasan Geopark Batur terdapat 15 desa yang masyarakatnya masuk dalam kategori miskin. (mlt)
 

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami