search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
INTI Bali Tanam 5000 Pohon dan Gelar Pelatihan Wirausaha
Selasa, 11 Februari 2014, 07:47 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Serangkaian Hari Raya Imlek 2565, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali melakukan aksi menanam 2 ribu pohon di Dusun Belatung, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem,(8/2). Ada berbagai jenis pohon, yang ditanam secara simbolis di dusun setempat. Semuanya merupakan pohon yang biasa dipakai sebagai sarana upacara bagi umat hindhu. Seperti pohon Gaharu, Majegau, beberapa jenis Palem, Cempaka, Trembesi, Kedongdong,dan jenis pohon upakara lainnya.

Ketua INTI Bali, Sudiarta Indrajaya menegaskan, penanaman pohon ini sebagai salah satu kegiatan Hari Raya Imlek. Kegiatan itu diharapkan bisa menjaga kelestarian alam, termasuk juga mempererat jalinan persaudaraan. “Walaupun beda etnis sesungguhnya kita bersaudara. Kita nyama Bali, orang Indonesia. Kegiatan tidak berhenti sampai di sini, masih ada program lain dari INTI, yang menyentuh masyarakat,” ujar Sudiarta.

Dipilihnya pohon upakara, yang ditanam di daerah tersebut, mengingat dusun Belatung  paling dekat dengan Pura Besakih. Untuk itu, pihaknya berharap pohon yang ditanam oleh warga setempat, bisa dijaga dengan baik. Sehingga bisa bermanfaat untuk kepentingan upakara, dimasa depan. “Makanya, kami minta supaya dijaga dengan baik, apalagi beberapa jenis pohon, tergolong langka,” ujar dia, didampingi Ketua Panitia Imlek, Dianto Santoso. Dalam kesempatan tersebut Dianto menyerahkan dana bantuan perawatan.

Dipihak lain, Kepala Dusun Belatung, I Komang Sujana menegaskan, bantuan itu sangat tepat, dan bermanfaat. Mengingat, bantuannya berupa pohon upakara. Apalagi, dari beberapa jenis pohon itu, ada tergolong pohon langka. Untuk itu, masyarakat yang mendapat bagian menanam pohon itu, supaya bisa merawat dengan baik, supaya benar-benar bermanfaat. Khususnya untuk kegiatan upakara. “Nanti, ribuan pohon ini, akan dibagikan kepada masing-masing kelompok tani. Dirawat secara swadaya,” jelasnya.

Penanaman pohon yang dilakukan secara simbolis ini, dihadiri sejumlah pengurus INTI, mulai dari pimpinan di beberapa kabupaten, dan pengurus INTI Bali. Tampak hadir Ketua INTI Karangasem, Thomas Baskara, Ketua INTI Badung Handy Prasetya, Ketua INTI Klungkung Putu Redi, Ketua INTI Bangli Putu Mudiarta, Wakil Ketua INTI Gianyar Minarta.  

Sebagaimana diketahui, perayaan Imlek tahun ini, INTI Bali melakukan penanaman 5 ribu pohon. Jumlah tersebut tersebar di tiga tempat. Yakni di Poh Gading (Denpasar), Jimbaran (Badung), serta Dusun Belatung (Karangasem).

Sebelumnya INTI Bali juga menyelenggarakan Pelatihan Tukang Cukur, Bantuan usaha Bengkel dan donor darah. Sedangkan Puncak Perayaan Imlek bersama akan digelar 13/2 dan akan dimeriahkan 50 artis dari Shandong,RRC. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami