search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tumpek Kandang, Jacky Enjoy Diperciki Air Tirta
Minggu, 10 Agustus 2014, 09:41 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Kebun binatang di Singapadu, Gianyar, Bali menggelar upacara Tumpek Kandang Sabtu (10/8/2014). Upacara bertujuan untuk memohon keselamatan dan kesehatan seluruh binatang yang menjadi koleksi kebun binatang.

Upacara Tumpek Kandang yang dipimpin seorang pendeta Hindu ini dipusatkan di area padmasana pura setempat. Dalam upacara ini, beberapa jenis binatang dihadirkan langsung di lokasi upacara, seperti gajah, kuda, trenggiling, dan siamang.

Usai menghaturkan doa-doa upacara Tumpek Kandang dan sesajen upacara, binatang yang ada di area padmasana pura diperciki air tirta atau air suci.

Upacara Tumpak Kandang selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan upacara di sekeliling area kebun binatang. Kandang-kandang beberapa macam satwa liar seperti macan, orang utan, hingga singa, diperciki air suci dan didoakan menurut keyakinan agama Hindu, agar sehat dan selamat. Jacky, orang utan yang ada di dalam kandang, tampak enjoy (menikmati) saat diperciki air tirta dan mengamati orang-orang yang melakukan upacara di depan kandangnya.

"Upacara Tumpek Kandang digelar setiap 210 hari sekali, merupakan upacara memuja keagungan Tuhan yang memelihara segala mahluk alam semesta. Tujuannya untuk memohon keselamatan dan kesehatan binatang-binatang yang ada,"ujar Emma, Humas  Kebun Binatang Bali.

Kebun binatang Bali di Singapadu Gianyar, kini mengkoleksi sekitar 300 satwa dari 75 species langka dilindungi. 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami