search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Senin, Asteroid 2004 BL86 Akan Lintasi Bumi
Minggu, 25 Januari 2015, 21:27 WITA Follow
image

bbn/inilah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sebuah asteroid besar akan segera melintasi Bumi dengan jarak yang relatif dekat, tetapi cukup aman untuk diamati.

Asteroid bernama 2004 BL86, pada Senin besok (26/1/2015) akan melintasi Bumi dalam jarak relatif dekat. Jarak tersebut bahkan dikatakan sebagai yang terdekat sampai setidaknya 200 tahun ke depan.

Mengutip NationalGeographic, asteroid yang pertama kali ditemukan pada 30 Januari 2004 itu akan berada sekitar 1,2 juta kilometer dari Bumi. Ini sama dengan tiga kali jarak antara Bumi ke Bulan.

Asteroid 2004 BL86 memiliki diameter satu pertiga mil (atau 0,5 kilometer) dan ditetapkan menjadi asteroid terbesar yang melintasi Bumi sampai dengan tahun 2027 mendatang.

Dalam rilis resminya, NASA mengatakan bahwa asteroid tersebut tidak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi. Menurut badan antariksa AS itu, kehadiran Asteroid 2004 BL86 merupakan sebuah kesempatan langka untuk mengobservasi dan mempelajari asteroid ukuran besar.

"Asteroid adalah sesuatu yang spesial. Di masa depan, asteroid akan menjadi sumber daya berharga untuk bijih mineral dan sumber daya alam penting lainnya," ujar Don Yeomans, manajer dari NASA Near Earth Object Program.

Menurutnya, para ilmuwan NASA akan melakukan pengamatan dan mengambil gambar-gambar asteroid menggunakan antena radar Deep Space Network di Goldstone, California, AS, dan Arecibo Observatory di Puerto Rico.

Sementara astronom amatir yang tertarik ingin menyaksikan Asteroid 2004 BL86 bisa mengamati dengan teleskop atau teropong dwikanta. Asteroid tersebut, seperti dilansir TechTimes, terlihat dapat dijumpai paling terang pada Senin pukul 11.07 dan 11.52 EST (Eastern Standard Time).

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami