search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kota Denpasar Jalin Persahabatan dengan Kota Chengdu
Jumat, 15 Mei 2015, 10:25 WITA Follow
image

bbn/telegraph.co.uk

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kunjungan Wakil Walikota Chengdu Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Zhu Zhihong didampingi Konjen RRT Hu Yinquan dan Ketua Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali, Sudiarta Indrajaya, disambut baik oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di Kantor Walikota Denpasar pada Rabu (13/5/2015). 
 
Kali ini wakil Walikota Zhu bermaksud menjalin persahabatan dan kerja sama dengan Kota Denpasar dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pariwisata, teknologi, transportasi, budaya dan pendidikan.
 
“Kunjungan kami ke Kota Denpasar bertujuan untuk mengenal lebih dalam Kota Denpasar dan bisa melihat secara langsung potensi apa saja yang dapat dijadikan  lahan kerja sama yang saling menguntungkan kedua Kota. Sebagai kota yang sama-sama menonjolkan pariwisata kami memiliki banyak kemiripan dengan Kota Denpasar sehingga sangat potensial untuk menjalin kerja sama,” ujarnya.
 
Kota Chengdu adalah ibu kota Provinsi Sichuan yang terletak di sebelah barat daya RRT yang karib dikenal sebagai kota teknologi dan transportasi. Dengan luas 12.000 km2 dan jumlah penduduk yang mencapai 17 juta jiwa, kota ini termasuk kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Tiongkok. Menurut Zhu, pada tahun 2014 lalu, pertumbuhan ekonomi Kota Chengdu meningkat fantastis mencapai 8,9 persen dengan Pendapatan daerah 1,000 triliun yuan. Kunjungan wisatawan pertahun mencapai 100 juta orang sebagian besar wisatawan domestik. 
 
Selain itu, PBB dan Kementerian Pariwisata RRT juga menobatkan Kota Chengdu sebagai kota pariwisata yang paling diminati wisatawan. Prestasi ini secara tidak langsung meningkatkan posisi tawar Kota Chengdu di mata dunia. Dalam kunjungan ini kami juga ingin menyampaikan bahwa pemerintah kami sedang mengupayakan penerbangan langsung dari Chengdu ke Bali.
 
Menanggapi kunjungan Wakil Walikota Chengdu, Wakil Wali Kota Denpasar Jaya Negara merasa sangat tersanjung dan berterima kasih atas kunjungan langsungnya ke Kota Denpasar. Ia menyatakan ajakan kerjasama ini semakin memotivasi Pemerintah Kota Denpasar untuk menata Kota Denpasar menjadi jauh lebih baik. Dan harapannya kerjasama ini bisa segera ditindaklanjuti.
 
“Kami sangat berterima kasih dengan adanya ajakan persahabatan dan kerja sama dari Wakil Walikota Chengdu. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kami untuk menata Kota Denpasar secara bersama-sama. Prestasi Kota Chengdu yang sudah dipaparkan sebelumnya juga menjadi motivasi segenap aparat pemerintahan di Kota Denpasar untuk bisa menjalin kerjasama yang lebih konkret lagi ke depannya” ujarnya.
 
Dalam pertemuan ini, Jaya Negara juga menyempatkan diri berdiskusi tentang pengelolaan sampah yang efektif mengingat masalah sampah di Kota Denpasar masih menjadi masalah yang sangat serius.
 
Menurut Zhu, sistem pengelolaan sampah di Kota Chengdu sudah menggunakan mesin berteknologi tinggi sehingga lebih ramah lingkungan. Di sana sisa hasil pengelolaan sampah dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan semen bahkan pembangkit tenaga listrik. 
 
“Di Kota Chengdu, kami memiliki perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan sampah berbasis hi-technology yang ramah lingkungan. Kami akan sangat menyambut baik bila Pemerintah Kota Denpasar ingin menjalin kerja sama demi menuntaskan permasalahan sampah di Kota Denpasar,” katanya.
 
Dalam kunjungan ini Zhu juga menawarkan beasiswa bagi para pelajar berprestasi asal Denpasar yang ingin menuntut ilmu ke Kota Chengdu. Selain itu, Zhu juga mengundang delegasi Kota Denpasar untuk ikut ambil bagian dalam Pagelaran Musik yang akan diadakan di Chengdu akhir Juli mendatang. Dalam Pagelaran Musik ini pemerintah Kota Denpasar berkesempatan mempromosikan destinasi wisata Bali kepada warga Kota Chengdu, sehingga semakin banyak lagi warga Tiongkok yang datang ke Denpasar Bali.
 
“Di Kota Chengdu terdapat lebih dari 40 Universitas dan kami juga memiliki program beasiswa bagi Kota mana saja yang menjalin persahabatan dan kerja sama dengan kami. Kami menyambut baik apabila ada warga Denpasar yang ingin menuntut ilmu ke Chengdu dan memanfaatkan program beasiswa yang kami sediakan,” Kata Zhu yang juga merupakan anggota komite tetap Kota Chengdu.
 
Sementara itu, Konjen RRT Hu Yiquan sangat berharap kunjungan ini dapat menjadi awal persahabatan dalam melestarikan seni budaya, kerja sama pendidikan dan pariwisata serta kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.
 
“Semoga saja kunjungan ini semakin memajukan persahabatan antara kedua Kota di bidang kebudayaan, pendidikan, pariwisata, dan ekonomi. Kami dari Konsulat Jendral RRT bersedia memberikan dukungan dan bantuan semaksimal mungkin untuk dapat mendorong kerja sama antara Bali dengan kota-kota di Tiongkok,” ucapnya.
 
Dalam kesempatan ini Ketua Perhimpunan INTI Bali, Sudiarta Indrajaya menyatakan tawaran kerja sama dari Pemerintah Kota Chengdu merupakan kesempatan emas bagi Kota Denpasar untuk bisa membangun Denpasar menjadi Kota wisata yang berbasis teknologi dan modern namun dengan tidak meninggalkan keluhuran budaya Bali. Bagus buat mewujudkan Denpasar sebagai kota budaya berbasis hiteknologi dan ekonomi kreatif. Tadi secara jelas Wakil Walikota Chengdu menawarkan kerjasama secara terbuka, bahkan juga siap membantu teknologi pengolahan minuman tradisional "loloh" yang disungguhkan, karena menurut Mr Zu dan juga Konjen RRT rasanya enak sama seperti di Tiongkok” ucap Ketua  INTI ini.
Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Huakiao Kota Chengdu Lu Sheng, Wakil Kepala Komite Pertanian Chengdu Gao Guojun, Wakil Walikota Dujiangvan Luo Kaimin, Kepala Pusat Pelayanan Urusan Luar Negeri Chengdu Wang Zhaoxi, Setda Kota Denpasar, Bappeda, Kepala Bagian Kerja Sama serta Humas Kota Denpasar.

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami