search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Misa Natal di Tuka dengan Pakaian Adat Bali
Jumat, 25 Desember 2015, 01:05 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Tuka. Perpaduan antara keyakinan Kristen dan adat budaya Bali begitu terasa saat umat Kristen yang menetap di Pulau Bali merayakan hari raya Natal. Di Banjar Tuka, Desa Dalung, Denpasar, Bali, umat Kristen merayakan Misa Natal dengan menggunakan pakaian adat Bali. Tata upacara Bali juga terlihat dalam Misa Natal di gereja setempat.
 
Ada yang unik dalam suasana malam Misa Natal di Banjar Tuka, Desa Dalung, Denpasar Bali. Ratusan jemaat hadir di Gereja Paroki Tri Tunggal Mahakudus, Banjar Tuka, Denpasar, Kamis (24/12/2015) malam, untuk mengikuti Misa Natal. 
 
Yang unik di gereja ini, ratusan warga hadir bersama keluarga dengan menggunakan pakaian adat Bali
 
 
Selain pakaian adat Bali, sebelum melakukan persembahyangan, para jemaat terlebih dahulu mendapat percikan air suci, seperti halnya ritual umat Hindu di Bali.
 
"Misa Natal yang dilakukan warga di Banjar Tuka, Desa Dalung, Denpasar, Bali, tiap tahunnya memang terlihat berbeda dengan daerah lain pada umumnya. Sejak 75 tahun yang lalu, warga setempat selalu merayakan Natal dengan menggunakan pakaian adat dan budaya Bali, seperti yang diwariskan oleh para tetua kami sejak dahulu,"jelas I Gusti Ngurah Darmadi, Ketua Dewan Pastoral Paroki Tri Tunggal Maha Kudus Tuka.
 
Perayaan Misa Natal di gereja ini berlangsung aman. Selain mendapat penjagaan aparat keamanan baik TNI maupun Polri, sejumlah pecalang desa adat sekitar desa ini juga ikut menjaga keamanan Misa Natal.[bbn/nap]

Reporter: bbn/eng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami