search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Paket SURYA Penuhi Syarat Minimal, Lolos Tahapan Berikutnya
Jumat, 12 Agustus 2016, 20:45 WITA Follow
image

beritabali.com/pande

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Beritabali.com, Singaraja. Paket Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharma Wijaya atau SURYA telah memenuhi syarat minimal dukungan untuk maju lewat jalur perseorangan atau jalur independent. Paket SURYA mengantongi jumlah dukungan sebanyak 42.900 dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh pihak KPU Buleleng selama dua hari. 
 
Hasil pleno KPU Buleleng Jumat (12/8) 06.30 wita ditetapkan bahwa bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dari calon perseorangan Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharma Wijaya dari hasil verifikasi telah memenuhi syarat minimal untuk maju nantinya lewat jalur tersebut. Paket SURYA telah mengantongi jumlah dukungan sebanyak 42.900 dari syarat minimal sebanyak 40.283 dukungan. Jumlah dukungan tersebut juga tersebar dari sembilan kecamatan yang ada di Buleleng. Oleh karena itu Paket SURYA lolos untuk mengikuti Verifikasi Faktual yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 agustus hingga tanggal 6 September 2016 mendatang. 
 
"Dari hasil verifikasi tersebut tercatat jumlah dukungan SURYA yang terdapat dalam softcopy formulir model B-1-KWK perseorangan sebanyak 42.900 orang dan tersebar di 9 kecamatan di Buleleng atau memenuhi 100 persen. Sementara jumlah dukungan yang terdapat dalam hardcopy formulir B-1-KWK perseorangan sebanyak 45.397 orang dan tersebar di 9 kecamatan" ungkap Ketua KPU Buleleng Gede Suardana. 
 
Dari hasil verifikasi tersebut, Paket SURYA dinyatakan memenuhi syarat jumlah minimal dan sebaran dukungan. KPU Buleleng langsung menggelar pleno setelah semua syarat minimal inj terverifikasi dan dimasukkan kedalam berita acara hasil verifikasi pemenuhan jumlah minimal dan sebaran dukungan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. 
 
Namun Paket SURYA ini masih harus menjalani tahapan lainnya yang masih cukup panjang untuk sampao pada penetapan sebagai calon kepala daerah. Paket tersebut masih harus melewati tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. 
 
"Setiap proses tersebut harus dikawal secara baik dan transparan baik olej KPU Buleleng, Panwaslih Buleleng serta Tim SURYA sendiri," imbuh Suardana. 
 
Sementara itu Bakal Calon Bupati pasangan Paket SURYA, Dewa Nyoman Sukrawan bersyukur atas jumlah dukungan yang bisa dilampaui sebagai syarat minimal. Tim nya akan mengikuti langkah-langkah lanjutan yang telah ditetapkan dalam regulasi pada Pemilukada Buleleng
 
"Sesuai peraturan dari KPU, Komisiomer KPU akan melaksanakan tugas di masing-masing wilayah dan desa untuk mengetahui jumlah pendukung, siapa pendukung secara faktual dan nyata, dan kami siap untuk itu sesuai dengan aturan main,"  ungkap Dewa Sukrawan. 
 
Sukrawan juga berharap pihak penyelenggara juga melakukan pengawalan dengan baik, transparan dan juga kewenangan yanv telah diatur undang-undang  disamping pihaknya juga ikut mengawal verifikasi faktual di lapangan.[bbn/pan/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami