search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pembentukan Dewan Transportasi Untuk Pengembangan Transportasi Publik Bali
Minggu, 13 November 2016, 12:15 WITA Follow
image

bbn/file

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Transportasi merupakan unsur yang penting sebagai urat nadi kehidupan dalam perkembangan ekonomi, sosial, politik, pariwisata,  mobilitas pendududuk yang tumbuh serta mengikuti perkembangan dalam berbagai bidang dan sektor. Begitupun sebaliknya perkembangan dari bidang dan sektor diatas sangat berpengaruh dalam tatanan sistem transportasi suatu daerah. 
 
Bali merupakan salah satu daerah yang mengalami pengaruh dari semua lini sektor tersebut. Tidak hanya dampak positif yang dirasakan, melainkan dampak negatif terhadap sistem transportasi publik yang ada. 
 
Sektor perekonomian yang semakin meningkat membuat animo masyarakat tinggi dalam pembelian kendaraan bermotor. Sektor sosial yang semakin tinggi tanpa pernah menyentuh secara langsung kepada masyarakat  akan pentingnya menggunakan transportasi publik yang berkelanjutan, membuat masyarakat terlena dalam zona nyaman dalam penggunaan kendaraan pribadi. Sektor politik juga dapat mempengaruhi sistem transportasi suatu daerah, salah satunya dikarenakan adanya perbedaan visi dan misi pemimpin sehingga sangat berpengaruh dalam pengambilan suatu kebijakan. 
 
Sektor Pariwisata yang berkembang tentu akan mengakibatkan pertambahan jumlah pergerakan, sehingga tanpa sistem transpotasi publik yang baik  akan terjadi kemacetan. Sektor Pertumbuhan dan perkembangan mobilitas penduduk dalam sistem pengembangan transportasi tentu akan terjadi urban sprawl atau penyebaran tidak merata dalam suatu zona diakibatkan belum meratanya perekonomian masing-masing kabupaten di Bali.
 
Banyaknya Masyarakat yang belum mengetahui keberadaan serta fungsi forum terkait dengan transportasi di Bali mengakibatkan kurang optimalnya dalam koordinasi serta konsultasi kepada masyarakat akan perencanaan sistem transportasi publik Bali saat ini hingga kedepan. 
 
Dengan dibentuknya dewan transportasi sebagai lembaga independen yang didalamnya terdapat berbagai unsur ahli transportasi yang berfungsi sebagai forum konsultasi dan koordinasi masyarakat ke pemerintah. Tentunya akan terjadi hubungan yang komunikatif antara masyarakat dan pemerintah. 
 
Selain itu, fungsi dewan ini dapat membantu gubernur dalam pengambilan kebijakan terkait dengan sistem perencanaan transportasi atau nantinya dapat membantu forum lalu lintas dan angkutan jalan provinsi Bali sesuai dengan keputusan Gubernur Bali  nomor 578/03-F/HK/2016. 
Apakah Bali sangat membutuhkan lembaga atau dewan yang bersifat independen dan memiliki implementasi dalam sektor transportasi? Atau hanya cukup dengan forum yang sudah ada saat ini?(Bagian 1).
 
Oleh : I Putu Putra Jaya Wardana,SE.MsTr
 
Penulis adalah alumni magister transportasi
Institut Teknologi Bandung

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami