search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Beijing Dihebohkan Mesin Anti-Pencuri Kertas Tisu
Kamis, 23 Maret 2017, 08:00 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Beritabali.com, Beijing. Sebuah restoran terkenal di Beijing memasang mesin kertas tisu toilet canggih, untuk menangkal pencurian kertas tisu yang dilakukan para pengguna toilet umum.

[pilihan-redaksi]
NBC News mengabarkan Selasa (21/3/2017) restoran bernama 'Kuil Surga' itu memasang peralatan canggih yang hanya mengeluarkan kertas tisu secara terbatas. Bahkan, peralatan elektronik seharga US$1.000 atau setara Rp130 juta itu, berhenti memberi kertas tisu bagi pengguna yang sama, dalam jangka waktu sembilan menit.

"Setelah memberi kertas tisu gratis selama 10 tahun, kami gunakan alat pendeteksi wajah bagi penggunanya agar tidak sembarangan menggunakan kertas tisu," ujar pejabat Kuil Surga bernama Xing tersebut.

Selama ini, kertas tisu di kamar mandi jarang digunakan oleh penduduk China. Seperti di Indonesia dan Asia pada umumnya, para pengguna toilet menggunakan air bersih. "Kertas tisu hanya digunakan oleh warga berusia senja dan lanjut yang berkunjung ke taman secara kontinyu," sambung Xing. Karena terlihat gratis, banyak pengguna toilet umum menggulung kertas tisu untuk dibawa pulang.

Tak pelak lagi, penggunaan peralatan kertas tisu itu mengundang perdebatan di Weibo, Twitter di China. "Menyedihkan banget, sampai-sampai ke belakang saja kita perlu diawasi," bunyi ciutan seorang pemilik akun Weibo.

Menanggapi ini, pihak taman di Beijing membantah tuduhan tersebut. "Kami tidak menyalah gunakan gambar pengguna untuk tujuan lain kok," kata Xing. "Gambar di peralatan elektronik itu akan terhapus secara otomatis dalam waktu 9 menit," tutur Lei Zhenshan, direktur pemasaran pabrik pembuat mesin kertas tisu itu. "Selain taman-taman di Beijing, sejumlah universitas dan rumah sakit juga menggunakan mesin canggih itu," ujar Lei Zhenshan. [bbn/idc/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami