search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kabel Listrik Bawah Laut Direalisasi
Selasa, 11 April 2017, 08:00 WITA Follow
image

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. [ist]

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Jakarta. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memastikan bahwa pembangunan transmisi daya arus searah (High Voltage Direct Current/HVDC) oleh PT PLN (Persero) direalisasikan.
 
"Akhirnya HVDC yang 500 KV, pemerintah dan PLN sepakat untuk dikerjakan. Mungkin tahun 2024 itu sudah harus selesai. Mulainya 2021," kata Jonan di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (10/4).
 
[pilihan-redaksi]
Proyek yang nantinya akan dibangun melalui jalur bawah laut itu, kata Jonan, akan digunakan untuk pengembangan pembangkit Sumatera-Jawa. Pembangunan proyek itu bakal dilakukan pada 2021 hingga 2024.
 
Kata mantan menteri perhubungan ini, ide awal pembangunan kabel bawah laut (HVDC) adalah untuk memasok setrum dari Sumatera bagian selatan (S2VJ) ke Jawa.
 
Namun, pada 2020, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi diprediksi mencapai 6%. Sehingga, suplai listrik di wilayah Jawa diprediksi berkelebihan hingga 5 gigawatt (GW).
 
Lantaran itulah, Menteri Jonan berharap, proyek HVDC tak hanya berfungsi untuk mengalirkan setrum dari Sumatera ke Jawa. Melainkan bisa sebaliknya, mengalirkan listrik dari Jawa ke Sumatera. 
 
"Pertumbuhan ekonomi 6 persen atau kurang sampai 2021, semua jadi. Itu Jawa akan kelebihan. Kapasitas terpasang akan over supply 5 GW sekurang-kurangnya atau kalau ini diteruskan sampai 2024 ini mungkin tetap kelebihan 5 GW," pungkasnya. [bbn/idc/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami