search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KK Miskin Desa Paksebali Klungkung Turun 70% Berkat Gerbangsadu
Minggu, 4 Juni 2017, 07:00 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Beritabali.com, Klungkung. Pemerintah Provinsi Bali lewat Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) Mandara berhasil menurunkan jumlah KK miskin di Desa  Paksebali Klungkung secara signifikan hingga 70 â„…, dari 212 KK miskin menjadi  41 KK miskin. 
 
Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan apresiasinya atas kinerja dari kepala desa serta pengelola Bumdes sehingga bantuan dana Gerbangsadu dapat memberi manfaat yang optimal bagi penurunan jumlah KK miskin yang ada di desa tersebut. 
 
[pilihan-redaksi]
"Dana Gerbangsadu di desa ini sudah dikelola dengan sangat baik dan berhasil menurunkan KK miskin secara signifikan. Gerbangsadu berhasil bukan dilihat dari berapa besar modal itu  berkembang tapi kita lihat seberapa besar bantuan dana  yang diberikan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat dan menurunkan kemiskinan. Untuk itu saya  apresiasi pengelolaan  gerbangsadu di desa ini," imbuhnya. 
 
Pastika meminta agar KK miskin yang tersisa sebanyak 41 KK segera dicari penyebab kemiskinannya dan diupayakan solusi yang tepat sehingga nantinya KK miskin di Desa Paksebali bisa mencapai 0â„…. 
 
Pastika juga meminta agar aparat desa serta pemerintah kabupaten memberikan perhatian lebih kepada para lansia kurang mampu dan terlantar, mengingat keberadaan mereka  memerlukan bantuan serta perhatian dari pemerintah. Kedepannya Pemerintah Provinsi Bali juga mencanangkan akan menambah penganggaran bagi kaum lansia terlantar di Bali. 
 
"Kita beri  perhatian khusus  kepada para lansia terlebih lagi jika  lansia tersebut  terlantar dan tidak mampu. Koordinasikan dengan baik antara pemerintah desa, kabupaten dan Provinsi bantuan bagi para lansia tersebut, jangan sampai mereka hidupnya terlantar," tuturnya. 
 
Perbekel Desa Paksebali  I Putu Ariadi yang turut mendampingi Gubernur Bali dalam kunjungan tersebut menyampaikan bahwa Bumdes yang Ia kelola telah berkembang dengan sangat baik. Dengan dana  gerbangsadu yang dikelola Bumdes, selain telah berhasil menurunkan kemiskinan hingga 70â„…, dana gerbangsadu juga telah berkembang dan hingga saat ini asetnya telah  mencapai  Rp 3 Milyar 300 juta. 
 
Ariadi juga menambahkan dengan lima unit usaha meliputi unit simpan pinjam, unit  penanganan  sampah, unit PDAM,  unit objek wisata serta unit pengelolaan pasar desa, Bumdes juga telah mampu menyerap 50 tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar. [rls/prov/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami