search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Suwirta Inisiasi Pembuatan Lagu Ida Dewa Agung Istri Kanya.
Minggu, 4 Februari 2018, 20:35 WITA Follow
image

Beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Bupati Klungkung menginisiasi pembuatan lagu Ida Dewa Agung Istri Kanya. Ide pembuatan lagu Dewa Agung Istri Kanya tersebut dilatarbelakangi oleh semangat untuk menghormati dan menjunjung tinggi perjuangan para pejuang.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam rilis yang diterima redaksi pada Minggu (4/2/2018) mengatakan pembuatan lagu ini sebagai bentuk penghormatan akan perjuangan Ida Dewa Agung Istri Kanya melawan Belanda dalam perang Kusamba. Selain dalam bentuk karya lagu,penghormatan terhadap jasa tokoh wanita ini juga dituangkan dalam bentuk patung yang telah beridiri kokoh di bundaran jalan Bypass Prof. IB Mantra,wilayah Tihingadi, Kecamatan Dawan.

“Harapan menjadikan beliau sebagai pahlawan nasional agar gayung bersambut dengan lagu ini, saya melihat secara lirik sudah tegas menjelaskan bagaimana sejatinya perjuangan beliau melawan penjajah Belanda dan beliau juga tokoh perempuan Bali yang juga sebagai sosok sastrawan yang tidak kalah dengan jajaran pahlawan nasional lainnya yang sudah ada,” papar Suwirta.

Ide Bupati Suwirta mendapat sambutan positif dari musisi nasional asal Klungkung, Dewa Budjana untuk membuat sebuah lagu. Lagu garapan Heny Janawati, penyanyi Opera dari Nusa Penida ini berjudul Ida Dewa Agung Istri Kanya.

Menurut Dewa Budjana, ide mengangkat nama Ida Dewa Agung Istri Kanya kedalam sebuah lagu, setelah sekitar dua tahun lalu sempat bertemu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Saat itu, menurut Budjana, Bupati Suwirta sempat memintanya untuk membuat sebuah karya (lagu) tentang Klungkung.

Selanjutnya, dalam perbincangannya dengan Heny Janawati, gitaris Band Gigi ini tertarik dengan tokoh pejuang wanita asal Klungkung, Ida Dewa Agung Istri Kanya, yang hingga saat ini belum diangkat namanya sebagai pahlawan nasional, walaupun tokoh tersebut sangat layak. “Bersama-sama seniman Klungkung juga, saya coba bikin lagunya,” ujar gitaris Band Gigi ini.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami