search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Demi Bantu Orang Tua, Siswi SMP Jadi Tukang Suwun Saang
Jumat, 9 Februari 2018, 09:00 WITA Follow
image

Beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BANGLI.

Demi membantu orang tua mencari nafkah, seorang siswi kelas 8 SMP Negeri 2 Tembuku-Bangli Ni Ketut Sugiantini Putri menjadi tukang suwun saang (buruh angkut kayu bakar). Kadang putri bungsu dari 7 bersaudara pasangan I Nyoman Tileh dan Ni Ketut Payu juga menjadi tukang suwun nangka dan apa saja yang menghasilkan uang demi membantu orang tuanya yang sakit-sakitan.


Sesuai informasi dari pihak sekolah, Ketut Sugintini sempat bolos sekolah lantaran tidak mempunyai biaya sekolah dan bekal. Namun tindakan cepat dari pihak sekolah yang mencari tahu, akhirnya dapat membawa Ketut Sugiantini kembali ke sekolah mengikuti pelajaran.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tembuku I Made Degdeg pada Kamis (8/2) mengatakan melihat  kondisi Sugiantini, membuat pihak sekolah melalui Badan Konseling Sekolah membantu Ketut Sugiantini modal untuk membuat canang. “Canang tersebut di beli oleh masing masing kelas melalui OSIS untuk persembahyangan di sekolah. Dimana setiap kelas menggunakan 10 biji canang dengan 16 kelas, sehingga diperlukan 160 biji canang setiap harinya”, ujar Made Degdeg.


Selain sebagai buruh tukang suwun saang dan nangka, Ketut Sugiantini juga ngulat tipat (membuat kulit tipat). Hal itu dilakoninya disela- sela waktu istirahat jam pelajaran, sehingga tidak akan mengganggu sistem belajar-mengajar yang ada.

Dengan semangatnya bekerja dan sekolah, Ketut Sugiantini juga menyisihkan uang hasil penjualan canang dan anyaman tipatnya untuk biaya pengobatan ayahnya yang sedang sakit.Mendapat informasi tentang kondisi Sugiantini, Gubernur Bali Made Mangku Pastika melakukan respon cepat dengan mengutus Tim Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali.

Pada kesempatan tersebut, tim Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali yang didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tembuku dan aparat desa setempat, menyerahkan bantuan dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika sejumlah uang tunai kepada Ketut Sugiantini, dengan harapan bantuan tersebut nantinya dapat membantu biaya pendidikan, atau dapat digunakan sebagai modal jualan canang dan kulit tipat.

Reporter: bbn/gus



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami