search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Keindahan Tukad Dedari Dinodai Oknum Tak bertanggung Jawab
Kamis, 29 Maret 2018, 18:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com.Karangasem, Kesadaran untuk menjaga alam dan lingkungan nampaknya masih sangat kurang khususnya bagi pengunjung pengunjung di tempat wisata.
 
[pilihan-redaksi]
Seperti yang terjadi di Tukad Dedari misalnya. Padahal Tukad Dedari yang berada di Dusun Temukus, Desa Besakih, Rendang, Karangasem baru saja menampakkan kecantikannya, namun oknum - oknum tak bertanggung jawab yang datang malah dengan sengaja menodai keindahannya dengan membuang sampah plastik disembarang tempat.
 
Parahnya lagi, di beberapa titik bebatuan yang menjadi daya pikat Tukad Dedari malah sudah ada coretan coretan yang dilakukan tangan - tangan usil tak bertanggung jawab.
 
Aksi pencoretan tersebut dibenarkan oleh Bendesa Adat Temukus, I Nengah Sindia. Dirinya mengaku sangat kecewa atas ulah oknum yang melakukan pencoretan dan membuang sampah plastik dengan sembarangan dilokasi Tukad Dedari. 
 
"Ya ada salah satu batu yang bentuknya sangat unik, itu di coret - coret dan membuang sampah plastik seenaknya disana," ujar Nengah Sindia.
 
[pilihan-redaksi2]
Untuk mencegah hal serupa kembali terjadi, pihaknya pada hari ini, Kamis (29/03) berencana akan memasang pengumuman himbauan untuk tidak melakukan aksi corat coret batu dan membuang sampah sembarangan.
 
Selain itu, karena areal Tukad Dedari sangat disakralkan warga sebagai tempat pesucian Ida Betara maka akan dipasang juga tulisan larangan ke Tukad Dedari bagi  wanita yang sedang haid serta jika datang ke Tukad Dedari harus menjaga etika berbicara termasuk juga dalam berprilaku.
 
"Ya ini kita lakukan karena sejatinya areal Tukad Dedari itu sangat disucikan, jadi mari bersama sama jaga agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan," ungkap Sindia.(bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami