search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wagub Cok Ace Minta Masyarakat Tak Gengsi Mengikuti Upacara Massal
Sabtu, 15 September 2018, 23:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BANGLI.

Beritabali.com, Bangli. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) meminta masyarakat tidak gengsi mengikuti upacara secara massal. Apalagi upacara secara massal yang digelar merupakan upaya untuk memperkuat semangat menyame braye. Hal tersebut disampaikan menghadiri upacara Manusa Yadnya Massal Kusa Pranawa di Desa Dinas Belantih, Kecamatan Kintamani, Bangli pada Sabtu (15/9).

Menurut Cok Ace, upacara massal yang mengedepankan semangat menyame braya merupakan bagian dari upaya untuk menjaga tradisi dan kebudayaan Bali. Disamping itu, implementasi dari upacara massal tersebut bisa menekan biaya yang diperlukan, sehingga tidak terlalu membebankan krama. “Dengan pelaksanaan ngaben massal seperti ini, masyarakat kurang mampu pun bisa ikut berpartisipasi tanpa terlalu dibebankan biaya yang sangat tinggi,” jelasnya. 

Ia berharap semangat seperti ini tetap dipertahankan. Tidak usah ada perasaan gengsi mengikuti upacara secara massal seperti saat ini, karena disinilah menurutnya spirit menyame braye bisa diperkuat.

Sementara itu Bendesa Adat Selulung Belantih, Wayan Karmawan, menyatakan upacara pitra yadnya seperti ini memang rutin digelar di desanya. Saat ini upacara dilaksanakan di wantilan desa adat Selulung, Belantih. Upacara ini diikuti oleh sekitar 73 sawa dari 17 dadia di desa tersebut. Sementara untuk puncak acara akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober mendatang.[bbn/rlspemprov/mul]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami