search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Petani Duda Utara Terancam Gagal Panen Karena Cuaca dan Serangan Hama
Jumat, 19 Oktober 2018, 15:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com,Karangasem. Sejumlah Petani di Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem terancam akan mengalami gagal panen karena faktor cuaca dan serangan hama tikus.
 
[pilihan-redaksi]
Kondisi ini menurut salah seorang Petani bernama I Gede Wijaya salah satunya diakibatkan oleh faktor cuaca yakni musim kemarau. Dimana air yang selama ini menjadi tumpuan para petani untuk mengairi sawahnya mengecil bahkan mengering. Tidak hanya itu, kondisi tersebut semakin diperparah dengan serangan hama tikus yang mulai mengegrogoti tanaman padi sejak beberapa bulan lalu.
 
"Gagal panen, kekurangan air karena musim kemarau selain itu juga diserang hama tikus," ujar Wijaya yang juga sebagai Kepala Wilayah Dusun Geriana Kangin tersebut.
 
Kondisi serupa juga dituturkan oleh petani lainnya yaitu Wayan Sadi dan Kadek Jus. Keduanya mengakui bahwa belakangan ini hama tikus kerap merusak tanaman padi termasuk padi di lahan sawah yang mereka tanam. Banyaknya populasi hama tikus disinyalir karena tidak seimbangnya rantai makanan dimana predator yang selama ini menjadi pemangsa utama tikus seperti ular sawah dan burung hantu kini mulai jarang terlihat. Bahkan ular sawah banyak yang dibunuh oleh petani karena mereka takut digigit. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami