search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jasa Marga Bali Tol Berencana Terapkan Pembayaran Otomatis
Senin, 26 November 2018, 05:58 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

 PT Jasamarga Bali Tol (JBT) berencana melakukan terobosan uji coba sistem teknologi pembayaran dengan menggunakan teknologi tanpa henti atau otomatis di pintu tol karena saat ini pembayaran menggunakan uang elektronik dinilai masih tetap menimbulkan antrian panjang.
 
Direktur Utama Jasamarga Bali Tol, Enkky Sasono menjelaskan di awal 2019 pihaknya berencana akan mencoba melakukan terobosan dengan ujicoba penerapan teknologi sitem pembayaran di pintu tol dengan sistem terbaru. Dimana, para pengguna jalan tidak perlu berhenti lagi, yakni para pengguna jalan tinggal lewat. Secara otomatis pembayaran akan dipotong langsung oleh sistem teknologi tersebut.
 
Nantinya dalam teknologi itu, kata dia, diawali dengan pembayaran oleh pengguna jalan melalui e-payment. Dengan cara didaftarkan terlebih dahulu nomor telepon, serta nomor plat kendaraan. Setelah semua terdaftar, selanjutnya dapat mengunduh aplikasi yang telah ada melalui HP. Setelah dilakukan proses sinkronisasi sistem sudah dapat digunakan secara langsung.
 
 
"Teknologi yang rencana akan kami ujicobakan di tahun depan bisa dikatakan hampir sama dengan sitem pengisian kartu pembayaran tol seperti yang telah ada saat ini," ujarnya, Minggu (26/11).
 
Dilanjutkan, dengan adanya pembayaran tol menggunakan teknologi terbaru tersebut nantinya kartu uang elektronik masih bisa dilakukan dan tidak akan dihapus. 
 
"Kami melihat pengguna jalan tol tidak seluruhnya merupakan warga Bali karena ada juga wisatawan mancanegara yang hanya tinggal beberapa hari dan minggu untuk berlibur menggunakan jalan tol juga. Maka itu, mungkin wisatawan masih melihat penggunaan menggunakan kartu uang elektronik masih lebih mudah dalam menggunakan untuk taping. Maka dari itu, tab masih tetap bisa digunakan juga," ucapnya.
 
Ia berharap dengan menggunakan teknologi tersebut setidaknya kapasitas kendaraan yang antri di gerbang pintu tol tidak terlalu banyak atau panjang lagi seperti yang masih terjadi saat ini. 

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami